Kamis, 13 September 2012
Bandara-bandara paling menakutkan di dunia.
Bandaranya mungkin biasa saja, namun jalur pendaratan pesawatnya akan membuat pilot yang mengantar Anda ke kota/ negeri favorit malah deg-degan. Anda yang duduk di bangku penumpang juga bisa ikut gugup, atau bahkan terkagum-kagum atas keunikan jalur bandara ini.
Bandara Internasional Ratu Juliana, Saint Martin - Karibia Timur.
Terkenal dengan jalur pendaratan yang sangat pendek, hanya 2,180 meter dengan pesawat yang harus terbang sangat rendah melintasi Pantai Maho. Pilot, penumpang, dan bahkan mereka yang sedang berjemur akan terpacu adrenalinnya melihat ini.
Bandara ini terletak di Saint marteen.Yang membuat bandara ini berbahaya adalah pantai yang berada tepat di ujung Landasan nomor 10.jadi saat akan mendarat kita akan melewati pantai itu dimana terdapat banyak orang disana.pantai itu bernama pantai maho.jadi kalau misalnya kita kesana terus ada pesawat yang akan mendarat,rasanya pesawat itu akan jatuh tepat diatas kepala kita!
Bandara Internasional Barra, Pulau Barra, Skotlandia.
Bandara yang mengharuskan pilotnya punya keahlian lebih untuk mengerem saat pesawat mendarat. Mengapa? Karena pendaratan pesawat langsung di pinggir pantai. Kondisi pasir berlebih di tanah bisa mengakibatkan pesawat terpeleset kalau tidak pandai mengendalikannya.
Bandara Courchevel, Prancis.
Bandara ini juga tergolong berbahaya bagi pilot amatir. Terletak di area ski terbesar di dunia, bandara Alpen Prancis ini juga dikenal dengan jalur pendaratan yang hanya setengah kilometer.
Bandara ini terletak di courchevel ,sebuah tempat wisata untuk bermain ski di prancis.bandara ini mempunyai satu landasan yang sangat pendek yang hanya memiliki panjang 545 meter!,panjang yang sangat pendek untuk ukuran sebuah landasan.landasan di bandara ini pun tidak lurus,tapi berbentuk seperti turunan dengan ujung yaitu jurang!.
Bandara Gibraltar, Gibraltar.
Winston Churchill Avenue, jalan tol paling sibuk di Gibraltar tepat dilintasi jalur pesawat. Saat ada pesawat yang akan mendarat, mobil-mobil tersebut mesti berhenti. Melanggar peraturan membawa mobil di sana? Selamat tinggal dunia.
Bandar udara ini terletak di Gibraltar.Landasan Pacu di bandar ini berpotongan dengan jalan Winston Churcill,yaitu jalan yang menghubungkan gibraltar dengan spanyol.Jadi setiap ada pesawat yang akan mendarat atau lepas landas,palang pintu akan tertutup jadi ini seperti rel kereta api yang memotong jalan cuman disini pengamanan nya lebih ketat karena jika ada mobil atau motor yang menerobos,akan sangat membahayakan pengendara dan pesawat.
Bandara Juancho E. Yrausquin Airport, Saba.
Bandara kecil ini memiliki desain yang unik, lagi mencemaskan para penumpang yang berada di dalam pesawat. Karena jalur pendaratan berada di salah satu bukit tinggi, jalur tersbeut berakhir di pinggir bukit dengan jurang menganga di pinggirnya menuju laut lepas.
Bandara Internasional Kansai, Osaka, Japan.
Dibangun di pulau buatan dengan panjang jalur 2,5 mil dan lebar 1,6 mil.
Bandara Lukla, Nepal.
Gunung tinggi di sisi ujung, dan jurang terjal di sisi satunya lagi. Pilot yang bersiap mendarat atau terbang harus berhati-hati jika berurusan dengan bandara satu ini.
Bandar Udara Internasional San diego.
Bandara ini terletak di kota San diego di california.yang membuat bandara ini berbahaya adalah letaknya.
Pendaratan di bandara itu dilakukan dari arah timur (pendaratan yang paling sering dilakukan) menawarkan pemandangan closeup dramatis dari pencakar langit, Petco Park (rumah bagi San Diego Padres), dan Coronado Bridge yang melengkung dan menjulang ke atas dari sisi kiri pesawat terbang. Di sisi kanan, Balboa Park, situs pameran Panama-California pada tahun 1915-1916, dapat terlihat, sepanjang San Diego Zoo yang terkenal di dunia dan beberapa jalan raya.
Pendaratan dari timr sangatlah curam, mengharuskan tanah turun 266 kaki di bawah permukaan laut kurang dari satu mil, pesawat secara normal turun di 317° per mil, tetapi di San Diego pesawat turun 376° per mil tergantung keadaan tanah. Landasan pacu San Diego terletak di bawah garis bukit dengan penghalang dari jalan raya I-5 sampai Balboa Park. Pesawat yang datang dari timur tidak diizinkan mendarat di akhir landasan pacu seperti bandara lainnya, tetapi tanah tempat lampu bandara terletak 1810 kaki dari akhir landasan pacu, secara efektif memendekkan jarak pendaratan menjadi 7591 kaki. Pesawat berangkat menuju arah barat dari arah timur landasan pacu sebagai titik berangkat mereka.
Di bawah kondisi kabut atau angin Santa Ana, operasi dibalikkan dengan pendaratan dan lepas landas ke arah timur. Karena keadaan tanah, batasan berat diturunkan pada pesawat yang akan berangkat selama kondisi ini.
Tanah bandara timur dan barat menentukan panjang landasan pacu yang tersedia. Landasan pacu 27 (arah barat) memiliki tanjakan curam sebesar 317° per mil nautikal menyisakan sebuah equivalen jarak lepas landas sebesar 6,500°, cukup untuk mendorong sebuah penalti berat untuk 737-800.
SAN terletak di area berpopulasi tinggi. Untuk memuaskan, bandara tetangga mencemaskan suara berisik pada jam malam yang ditambahkan pada tahun 1979, keberangkatan diperbolehkan antara 6:30 AM dan 11:30 PM. Selama kedatangan bisa terjadi di luar jam tersebut, kedatangan akan diberi denda. Kejadian ini biasa terjadi saat penerbangan kedatangan tertunda di bandara itu. Beberapa penerbangan dijadwalkan dengan waktu keberangkatan sebelum 6:15 AM. Jadwal ini, bagaimanapun, adalah waktu sebelumnya. Lepas landas pertama yang terjadi di bandara itu pada jam 6:30 AM.
Bandar Udara Madeira.
Bandara ini merupakan bandara yang melayani kota funchal di kepulauan madeira.
Bandara ini terkenal akan landasannya yang pendek,dikelilingi oleh pegunungan tinggi dan samudera menjadikan pendaratan di bandara ini sangat rumit meskipun pilot yang sudah berpengalaman sekalipun.
tanah yang menjadi lahan landasan pacu di bandara ini pun merupakan tanah buatan dan ditopang oleh tiang-tiang dibawahnya.mengerikan sekali jika tiang itu roboh!
Bandar Udara regional County Eagle.
Bandar ini terletak di eagle,colorado.bandar udara ini melayani eagle dan daerah sekitarnya.Bandara ini dinobatkan sebagai bandara paling extrim kedelapan karena cuaca nya yang extrim,ketinggiannya,proses pendaratan yang melewati pegunungan,dan proses pendaratan dengan gunung tepat di ujung landasannya.penrbangan di bandar ini kebanyakan merupakan penerbangan musiman yang berjalan pada musim dingin karena banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk main ski.
Bandar Udara Internasional Kaitak.
Bandar Udara ini terletak di Hong Kong.Bandara ini terkenal akan pendaratannya yang sangat sulit.Karena bandara ini dikelilingi oleh perbukitan setinggi 2000 kaki!dan juga bandara ini dikelilingi oleh perumahan yang padat dan gedung-gedung bertingkat,yang membuat kita merasa ketakutan saat mendarat karena kita akan melewati bukit yang tinggi dan melewati pemukiman padat dan gedung gedung tinggi pada ketinggian yang rendah serasa kita akan jatuh di tengah kota!.Namun pada tahun 1998,Bandara ini ditutup untuk selamanya.
penutupan bandara ini ditandai dengan dimatikan nya lampu yang ada di landasan pacu ini oleh petugas Tower bandara setelah penerbangan terakhir lepas landas.bandara ini digantikan Oleh Bandara Chep Lap Kok.
Bandara Udara Gustaf III.
Bandara Ini terletak di ST.Jean,Saint Barthlemy.Saat mendarat,pesawat akan melewati bukit dan langsung dipaksa menukik ke bawah karena landasan berada dekat dengan bukit namun ketinggian bukit lebih tinggi daripada landasan dan saat akan menukik kita akan melewati jalan raya yang berada diatas bukit dan diujung landasan terdapat pantai.
Bandar Udara Internasional Toncontin.
Bandara Ini terletak di tegucigalpa,ibukota dari negara honduras.Banyak Orang Bilang bahwa Bandara Ini merupakan Bandara Yang Paling Berbahaya di dunia dengan alasan landasan yang pendek untuk bandara internasional,Kontur tanah yang berbukit,sampai dengan kesulitan untuk mendarat di bandara ini.Boeing 757 merupakan pesawat terbesar yang bisa mendarat di bandara ini.
Bandar Udara Tenzing-Hillary.
Dan Inilah bandara yang paling Berbahaya di dunia.Bandara Ini terletak di lukla,nepal.
Daratan yang mengelilinginya, udara yang tipis, udara yang dapat berubah-ubah, dan landasan pacu yang pendek dan miring membuat pendaratan di bandar udara ini menjadi salah satu pendaratan yang paling menantang di dunia.Bandara Ini menjadi Jalan Untuk Menuju Lukla dimana kita bisa memulai perjalanan untuk mendaki gunung everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia.
Sumber :
http://id.berita.yahoo.com/foto/jalur-bandara-paling-menakutkan-di-dunia-slideshow/worlds-scariest-airport-runways-photo-1346905970.html
http://duniakaomao.blogspot.com/2012/05/10-bandara-paling-menakutkan-di-dunia.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar