Terima kasih Atas kunjungannya

Rabu, 28 Desember 2011

Bunga-bunga cantik untuk mengobati penyakit.

Memandang bunga-bunga yang bermekaran memang menyenangkan, dibalik keindahannya, beberapa jenis bunga juga menyimpan khasiat ajaib untuk menyembuhkan penyakit.

Ini dia beberapa jenis bunga yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati penyakit



Bunga Mawar




Siapa yang tak suka mawar. Bunga berkelopak cantik ini dapat diolah menjadi minuman, biasanya dalam bentuk teh, untuk menyembuhkan penyakit gangguan pencernaaan, terutama dalam hal buang air besar dan kandung empedu. Bahkan yang paling sederhana, aroma setangkai mawar bisa memperbaiki suasana hati dan pikiran.
Sari mawar digunakan untuk pembuatan wine, saus salad, serta penambah rasa dan aroma pada adonan kue, puding, serta selai Mawar sebagai bahan makanan, miuman ataupun zat aditif bagi makanan olahan. Karena kandungan vitamin C-nya yang tidak kalah dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk, kelopak atau helai bunga mawar (petal) bisa diolah menjadi sirup, selai ataupun unsur vitamin tambahan yang ditambahkan pada makanan olahan.
Khasiat : Sebagai anti radang, anti kejang, melancarkan aliran empedu, pengatur haid.



Bunga Chrysanthemum/ Seruni




Selain mawar, bunga krisan juga dapat diolah menjadi minuman. Minuman yang terbuat dari bunga krisan dapat membantu mengobati flu, demam, sakit kepala dan hipertensi. Selain itu jus krisan yang dioleskan ke atas kelopak mata dapat mengobati pembengkakan dan kemerahan mata karena terpapar polusi.
Di negara seperti Jepang dan Korea, bunga juga dijadikan hidangan. Di Jepang, bunga krisan diolah dengan tepung tempura dan kemudian digoreng. Negara Korea dalam makanannya juga menggunakan bunga mentah yang dicampur dengan makanan mereka.
Khasiat : Untuk memperlancar proses pencernaan dan juga sistem pembuangan. Jenis ini berkhasiat membantu gangguan yang terjadi pada usus.



Bunga matahari




Budidaya bunga matahari dapat dilakukan dengan memanfaatkan bijinya. Tinggi dari tumbuhan ini berkisar 2 – 3 meter, tapi tergantung varietasnya. Selain keindahan bunganya, bunga matahari dibudidayakan untuk di ambil bijinya.
Selain sebagai makanan ringan, biji bunga matahari bisa juga dijadikan bahan dasar dari minyak goreng. Disamping itu biji bunga matahari juga bisa dijadikan sebagai bahan baku dari selai.
Untuk sebagian orang yang sedang menjalani diet berdasarkan golongan darah. Beberapa hasil olahan dari bunga matahari seperti selai dan minyaknya dapat menjadi alternatif untuk dikonsumsi. Minyak bunga matahari kaya akan asam linoleat yaitu asam lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan. Menurut penelitian, Asam Linoleat sendiri jika dikonsumsi dengan seimbang akan mampu menurunkan kemungkinan seseorang terkena stroke. Selain itu beberapa penyakit yang bisa ditanggulangi dengan memanfaatkan khasiat dari bunga matahari adalah sakit kepala, radang payudara, rematik, sulit buang air besar dan kecil, serta disentri.
Biji dari bunga Matahari yang dijadikan makanan ringan ternyata tidak hanya berguna untuk kudapan saja. Tapi dibalik itu, ada khasiat yang terkandung di dalamnya. Kwaci dari bunga matahari ternyata bermanfaat bagi perempuan dalam mengatasi masalah menopause. Cairan bunga matahari dapat mengurangi nyeri haid dan bisul. Berkumur dengan cairan bunga matahari juga dipercaya dapat mengurangi sakit tenggorokan dan tonsilitis.



Bunga Dandelion


img

Ratusan spesies Dandelion tumbuh di daerah beriklim sedang di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Dandelion dicirikan dengan bunga berwarna kuning cerah, daun beralur untuk mengalirkan air hujan ke akar. Selain itu bunga Dandelion sensitif terhadap cahaya, sehingga bunga akan terbuka dengan matahari pagi dan menututup di malam hari atau saat cuaca mendung. Ciri lain, akar berdaging coklat gelap dan rapuh dan terdapt zat putih susu yang sedikit pahit dan beraroma segar.
Khasiat: Dandelion adalah diuretik alami yang dapat meningkatkan produksi urin dengan membantu ekskresi garam dan air dari ginjal. Dandelion dapat digunakan untuk berbagai kondisi yang memerlukan pengobatan diuretik ringan, seperti pencernaan yang buruk, gangguan hati, dan tekanan darah tinggi.
Bunga yang umumnya tumbuh di padang rumput ini memiliki cairan yang dapat membantu mengobati anemia, penyakit kuning dan gugup. Cairan bunga dandelion juga dapat digunakan untuk memurnikan darah.



Bunga Marigold




Bunga Mitir atau yang sering juga disebut dengan kenikir (Jawa) atau Marigold atau Tagetes merupakan salah satu bunga yang sangat penting keberadaannya dalam kehidupan wanita di Bali. Bunga ini banyak digunakan hampir di semua aktifitas upacara sebagai perlambang Ciwa Raditya. Sehingga tidak heran jika kita pergi ke pasar-pasar traditional di Bali, bunga ini mendominasi display para pedagang bunga terutama saat hari raya. Walaupun ada ditemukan dalam warna lain, kebanyakan bunga mitir berwarna kuning cerah atau jingga.
Bunga berwarna kuning ini mempunyai kelopak yang bisa dimanfaatkan untuk membuat obat pencuci mata. Marigold juga digunakan dalam pengobatan homeopati dan konvensional sebagai salep untuk penyembuhan luka. Ini karena Marigold memiliki antiseptik, stimulan dan sifat anti-jamur.



Bunga Frambozen/ Rosella




Dulu kelopak Rosella dikenal sebagai frambozen yang digunakan sebagai bahan pembuat sirup berwarna merah yang beraroma khas. Sekarang ini, kelopak Rosella dikenal sebagai bahan minuman dan disebut teh Rosella. Tanaman yang masih kerabat bunga sepatu ini banyak ditemukan sebagai tanaman pagar.
>Khasiat : Kadar antioksidan yang tinggi pada kelopak Rosella dapat menghambat radikal bebas. Beberapa penyakit kronis yang ditemui saat ini banyak yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan. Di antaranya kerusakan ginjal, diabetes, jantung koroner, hingga kanker.
Kelopak bunga tanaman tersebut berwarna merah tua, tebal, dan berair. Semakin pekat warna merah, rasanya kian asam dengan khasiat yang juga semakin besar. Teh rosella dapat dibuat dengan cara berikut. Ambil tiga hingga empat kuntum bunga rosella segar, cuci bersih, kemudian seduh dengan air panas secukupnya (satu cangkir).
Setelah beberapa saat, tekan kelopak bunga hingga air berwarna merah, kemudian saring. Airnya kemudian dapat diminum. Sehari, minum satu hingga tiga cangkir seduhan tersebut. Agar lebih enak, dapat ditambahkan madu dan atau air jeruk nipis. Untuk kelopak bunga rosella kering, seduh tiga hingga lima kuntum dengan segelas air mendidih. Tunggu tiga sampai sepuluh menit. Kemudian, seduhan dapat diminum sebanyak satu hingga tiga kali per hari. Supaya lebih nikmat, bisa ditambahkan madu atau gula, lantas dihidangkan dengan es batu.



Bunga Lavender




Bunga berwarna ungu ini biasa digunakan untuk membuat permen, pewangi pada gula, bahkan bisa dipakai untuk menghilangkan bau anyir pada daging atau ikan. Satu batang lavender biasanya berisi satu kelompok bunga dengan aroma yang cukup menyengat.
Khasiat : Setetes minyak esens lavender yang dibakar untuk aromaterapi mampu meredakan sakit kepala. Setetes minyak esens lavender pada bantal Anda juga memberikan efek relaksasi dan istirahat maksimal.



Bunga Anggrek




Khasiat : Untuk campuran pembuatan obat obatan
Sebagai campuran untuk produksi minyak wangi
Sebagai penawar luka akibat sengatan lebah



Bunga Tulip




Khasiat : Bunga tulip bisa digunakan bagi penderita anemia, memar, kepekatan darah tidak normal, stagnasi darah, kanker darah, tekanan darah tinggi dan darah rendah, pendarahan di dalam, gangguan sirkulasi darah, sakit punggung, parasit dalam darah (pada bunga tulip merah).
Yang dimakan dari tulip adalah umbinya, dalam memasak umbi tulip, kebanyakan ahli kuliner akan berhati-hati terhadap rasa pahitnya. Memasak umbi tulip biasanya sebagai pengganti bawang merah atau dalam sup.



Bunga Daisy




Khasiat : Bunga ini dikenal akan kemampuannya menyembuhkan penyakit penyakit tertentu serta bunga daisy ini juga dipercaya mampu untuk mengurangi stres dan berfungsi sebagai relaksasi otot dan menurunkan ketegangan
Daun dan bagian petal dari bunga ini dapat dimakan dan bisa digunakan untuk membuat teh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan atau sakit perut.



Bunga Yang Biasa Di Pager




Perlu Diperhatikan: Perlu diingat bahwa jangan memakan bunga yang mendapat perawatan dengan pestisida. Juga harap mempersiapkan dengan sangat teliti bunga yang akan di konsumsi. Walapun bunga tertentu dapat dimakan, tapi bunga tersebut tidak bisa digabungkan dengan makanan lainnya . Harap perhatikan dan belajar dengan cermat pada saat mengkonsumsi bunga tertentu yang dapat dimakan.




Sumber :
http://www.detikhealth.com/read/2010/04/22/114617/1343257/769/herbal-dandelion#detikshare
http://nimadesriandani.wordpress.com/2011/03/13/marigold-bunga-mitir-yang-menjadi-saksi-betapa-indahnya-hari/
http://putriartivera.wordpress.com/category/ilmu-pengetahuan/
http://www.awanukaya.com/2011/09/bunga-bunga-cantik-untuk-mengobati-penyakit.html
http://cankir.wordpress.com/2010/11/21/8-bunga-cantik-yang-berkhasiat-mengobati-penyakit/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar