Terima kasih Atas kunjungannya

Minggu, 23 Juni 2013

Hutan Indonesia dan keanekaragaman hayati di dalamnya.



PBB menetapkan 21 Maret sebagai Hari Hutan Internasional.
Untuk memperingatinya, kami menampilkan foto berbagai aktivitas, kekayaan, serta ancaman yang dihadapi hutan kita.



Burung Kuntul.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Ampelsa/Koz/mes/13.
Sekelompok burung kuntul putih (Egretta alba) di hutan manggrove menjelang matahari terbenam di desa Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh.
Populasi burung kuntul putih dan kuntul hitam terus bertambah setelah dilakukan rehabilitasi hutan manggrove pasca tsunami 2004 lalu melalui program penghijauan kawasan pesisir.



Elang Laut.

Hutan Indonesia


Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Nila Fu'adi/ed/pd/13.
Elang Laut (haliaeetus heucogaster) membuka sayapnya saat dilepas liarkan ke suaka margasatwa Padang Sugihan, Banyuasin, Sumatera Selatan.
BKSDA bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Sumsel merazia pasar hewan yang ditenggarai menjual binatang yang dilindungi sesuai dengan PP Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa dan berhasil menyita tiga ekor Elang dan seekor Surili.



Pohon Ulin.

Hutan Indonesia


Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Amirullah/ss/pd/13.
Tujuh peserta 'Jurnalism Field Trip' Taman Nasional Kutai mencoba mengukur pohon ulin tersesar di dunia dengan cara melingkar sambil berpegangan tangan di Kawasan Taman Nasional Kutai, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.
Pohon ulin terbesar di dunia dengan diamater dua meter 47 centimeter dengan tinggi 20 meter dan diperkirakan berusia lebih 1.000 tahun tersebut ditemukan pada 1993.



Perambahan dan pembakaran hutan.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra/ed/ama/13.
Seorang warga menunjuk ke hutan yang baru dirambah dan sebagian kayunya dibakar di Bukit Palano, Aia Dingin, Padang, Sumatera Barat.
Perambahan dan pembakaran kawasan hutan menurut masyarakat dilakukan untuk membuka lahan baru, di kawasan itu hampir setiap minggu ada pembukaan lahan baru.



Rehabilitasi hutan Mangrove.

Hutan Indonesia


Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Dedhez Anggara/ss/mes/13.
Seorang warga dari kelompok tani Junti Indah Lestari memeriksa kondisi tanaman mangrove yang baru di tanam di pantai Dadap, Juntiyuat, Indramayu, Jawa Barat.
Menurut Direktur Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kementerian Kehutananan (Kemenhut), 40% dari total hutan mangrove seluas 3,7 juta di Indonesia perlu direhabilitasi.



Penebangan hutan Bakau.

Hutan Indonesia


Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Dedhez Anggara/Koz/nz/13.
Sejumlah warga menebang tanaman Bakau untuk membuka lahan tambak ikan di desa karangsong, Indramayu, Jawa Barat.
Selain untuk membuka lahan tambak ikan baru, Pohon bakau tersebut ditebang karena dianggap mengganggu sirkulasi air ke areal tambak dan menghambat pertumbuhan ikan tambak.



Sepasang burung Kuntul.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Zabur Karuru/Spt/13.
Sepasang burung kuntul (egretta intermedia) bertengger diatas pohon di kawasan suaka Margasatwa Pulau Rambut, Kepulauan Seribu.
Pulau tersebut memiliki luas sekitar 45 hektar dan dihuni sekitar 24.000 spesies burung.



Desa Konservasi burung Kuntul.

Hutan Indonesia


Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/ Andreas Fitri Atmoko/ss/1pd/3.
Burung kuntul berada di atas pohon di Ketingan, Mlati, Sleman, Yogyakarta.
Kepedulian warga dalam menjaga ribuan burung kuntul yang berhabitat di daerah mereka itu menjadikan desa tersebut sebagai salah satu desa konservasi di Yogyakarta.



Patroli Gajah.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Regina Safri/ed/pd/13.
Sejumlah Mahot (pawang Gajah) WWF Riau menaiki Gajah untuk berpatroli di Hutan Tesso Nilo, Riau.
Teknik patroli ini berguna untuk menggiring Gajah - Gajah liar untuk kembali masuk ke dalam hutan agar tidak terjadi konflik dengan warga, dan teknik ini berhasil menekan konflik Gajah dan manusia hingga 90 persen sejak 2004.



Kerbau pembawa kayu.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra/ss/mes/13.
Seorang warga menurunkan kayu olahan jenis bayur dari atas bukit dengan menggunakan kerbaunya, di kawasan hutan Padangsago, Kab. Padangpariaman, Sumatera Barat.
Jasa membawa kayu secara tradisional menggunakan kerbau atau dikenal dengan "Maosoh" dihargai Rp30 sampai Rp40 ribu sekali jalan sejauh 3 kilometer mendaki bukit dan lereng.
Menurunkan satu kubik dapat dilakukan paling cepat sehari bila cuaca tidak panas.



Kera penghuni Jumprit.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Anis Efizudin/Koz/Spt/13.
Sekawanan kera ekor panjang (Macaca fascicularis) bermain di pepohonan di lereng gunung Sindoro kawasan Wana Wisata Umbul Jumprit, Ngadirejo, Jawa Tengah.
Di kawasan wisata alam sekaligus wisata religi umat Budha tersebut hidup sekawanan kera ekor panjang penghuni mata air Jumprit dan menjadi salah satu daya tarik wisata di kabupaten Temanggung.



Rangkong Kalimantan.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Zabur Karuru/nz/13.
Seekor Rangkong jenis Kangkareng Perut-putih atau Burung Kelingking (Anthracoceros albirostris) terbang menghampiri ranting di sebuah hutan konservasi milik sebuah perusahaan kelapa sawit di Muara Wahau, Kutai Timur, Kalimantan Timur.
Rangkong atau Enggang (Hornbill) terdiri atas 57 spesies yang tersebar di Asia dan Arika.
14 jenis diantaranya terdapat di Indonesia.



Pulau surga burung.

Hutan Indonesia


Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Zabur Karuru/Spt/13.
Seekor burung bangau (keluarga Ciconiidae) terbang di antara burung lainnya yang bertengger di ranting pohon di Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Kepulauan Seribu, Jakarta.
Pulau Rambut menjadi pulau surga burung merupakan hutan konservasi yang saat ini masih terjaga kelestariannya.



Melihat kalestarian Pulau Rambut.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Zabur Karuru/Spt/13.
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (tangah) bersama petugas kehutanan mengamati sejumlah burung saat kunjungan kerja di Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Kepulauan Seribu.
Kunjungan kerja itu selain untuk mengamati kondisi suaka margasatwa di Pulau burung, serta melihat kelestarian fungsi kawasan tersebut.



Berburu babi hutan.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Paramayuda/Spt/13.
Sejumlah warga membawa anjing mereka ketika pergi berburu babi hutan di kawasan Cempaka, Cianjur, Jawa Barat.
Aktivitas itersebut selain sebagai hobi, juga untuk mengendalikan hama babi hutan yang di sekitar hutan karet dan perkebunan teh.



Aksi teatrikal penyelamatan hutan.

Hutan Indonesia
FOTO ANTARA/Agus Bebeng/ss/Spt/13.
Komunitas Backsilmove membuat aksi teatrikal penyelamatan Hutan Kota Babakan Siliwangi (Baksil) di depan gerbang Gedung Sate Bandung, Jawa Barat.
Komunitas Backsilmove menggelar aksi peduli menyelamatkan Baksil dari pembangunan restoran yang akan merusak Baksil sebagai ruang terbuka hijau (RTH) yang hanya menyisakan sekitar 6 persen dari total luas Kota Bandung.




Sumber :
http://id.berita.yahoo.com/foto/hutan-indonesia-dan-keanekaragaman-hayati-di-dalamnya-slideshow/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar