Terima kasih Atas kunjungannya

Rabu, 17 Oktober 2012

8 Taman kota paling menakjubkan di dunia.



Kota-kota besar dunia berikut ini memiliki taman-taman kota yang luas dan menakjubkan. Penduduknya pun bisa 'melarikan diri' dari kesibukan dan rutinitasnya dengan berolahraga atau sekedar bersantai di taman kota.

Hamparan padang rumput, hutan tropis, kolam dan konstruksi bangunan klasik yang berada di tengah-tengah hiruk pikuk kota metropolitan seolah menjadi oase hidup bagi penduduk kota. Pemerintah setempat pun menyajikan berbagai fasilitas tambahan bagi pengunjung mulai dari jalur bebas kendaraan bermotor, hingga penyewaan kuda yang bisa ditunggangi berkeliling taman.

Berikut adalah 8 negara yang memiliki taman kota paling indah di dunia, versi Mother Nature Network seperti yang dilaporkan Huffington Post pada 21 September 2012:


Central Park, New York-AS. 


(dok Zuma Press)

Central Park di New York adalah taman kota paling terkenal di Amerika Serikat (AS) dan barangkali di dunia. Dengan luasnya yang mencapai 800 hektar, para pengunjung bisa puas bersantai dan menikmati area hijau itu tanpa khawatir berdesakan dengan pengunjung lain.
Per tahunnya, 35 ribu pengunjung mendatangi Central Park.
Taman ini juga menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri dari hiruk pikuknya kesibukan kota New York.
Tak hanya menyajikan taman dan hutan yang mekajubkan, taman ini juga menawarkan beberapa fasilitas pendukung untuk para pengunjungnya.
Beberapa di antaranya adalah penyewaan sepeda, becak, kuda, dan kereta kuda.
Sementara bagi Anda yang ingin menikmati alam dengan ditemani alunan musik, Central Park memiliki beberapa seniman jalanan yang siap menghibur pengunjung.
Salah satunya, seorang penyanyi sekaligus penulis lagu David Ippolito tampil bernyanyi di depan orang lewat setiap akhir pekan musim panas sejak tahun 1992. David pun dijuluki "That guitar man from Central Park".
Central Park juga memiliki beberapa pertunjukkan seni yang digelar secara berkala selama musim panas. Selain itu, terdapat sebuah area seluas 2 hektar yang menampilkan puluhan patung dan instalasi seni yang didedikasikan untuk John Lenon.


Guell Park, Barcelona-Spanyol.


(dok Barcelona.com)

Taman kota ini adalah salah satu taman kota yang tak biasa. Mengapa? Bagaimana tidak, di antara pepohonan dan tanaman yang rimbun, taman ini juga menyajikan bangunan-bangunan yang dirancang oleh arsitek terkenal Spanyol, Antoni Gaudi pada tahun 1900 hingga 1914.

Karya Gaudi juga bisa ditemui di seluruh kota Barcelona. Terdapat struktur bangunan aneh (awalnya dibangun untuk rumah, namun gagal) yang justru memberikan sentuhan artistik kepada taman ini. Struktur bangunan yang menyatu dengan taman yang asri menghasilkan kolaborasi yang unik tapi tetap menyegarkan.


Bukit Timah, Singapura.

 

(dok AsiaOne)

Taman seluas 400 hektar ini memiliki insfrastruktur, tanaman tropis dan hewan-hewan liar. Hal ini akan memberikan kesan tersendiri untuk warga yang ingin 'minggir' sejenak dari kesibukan Kota Singapura.

Beberapa hewan yang bisa ditemui hidup bebas di taman ini adalah belalang sembah, kepiting air tawar, tupai, dan trenggiling.  Jalur yang dibuat untuk pengunjung menuju ke puncak bukit yang merupakan puncak tertinggi di Singapura. Taman ini seolah ingin menunjukkan sisi lain dari Singapura yang lebih dikenal sebagai kota bisnis dan kota belanja.


Phoenix Park, Dublin-Irlandia.


(dok MNN)

Berada di atas lahan seluas 1.750 hektar, taman ini menjadi taman perkotaan terbesar di Eropa. Taman di ibukota Irlandia ini memiliki berbagai monumen sejarah dan agama, serta beberapa benteng tua.

Phoenix menawarkan hamparan padang rumput dan hutan yang luas. Kawanan rusa menjadi penghuni taman ini sejak berabad-abad yang lalu, mereka pun hidup liar dan bebas di Phoenix Park.


Stanley Park, Vancouver - Kanada.


(dok MNN)

Taman Stanley merupakan area 'hijau' seluas 1.000 hektar yang terletak di pusat Kota Vancouver. Taman ini dikunjungi oleh setidaknya 8 juta pengunjung per tahunnya.

Taman ini menawarkan jalur sepanjang 120 mil yang bisa digunakan untuk sekedar berjalan kaki atau bersepeda. Jalur ini berada di tengah-tengah hamparan pepohonan tropis yang berumur berabad-abad. Taman ini memiliki area golf dan stasiun kecil yang cantik.


Griffith Park, Los Angeles - AS.



(Dok SCPR)

Griffith Park terletak di Pegunungan Monica, Los Angeles yang memiliki luas 4.000 hektar. Taman ini merupakan taman kota terbesar di California yang menyajikan pemandangan alam yang masih alami. Pengunjung pun dipastikan akan mendapat pengalaman menarik jika berkunjung di sana.

Para pengunjung bisa mendaki gunung atau hanya sekedar bersantai di area taman ini. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang asli, taman ini juga menjadi lokasi pertunjukkan seni, lapangan golf, dan kebun binatang.


Luxembourg Gardens, Paris.


(dok Tripify)

Paris memang dikenal memiliki beberapa kebun bunga yang mengesankan. Namun kebun Luxembourg merupakan yang paling terkenal di di kota itu. Di lokasi itu, rerumputan, taman bunga berwarna-warni yang tersusun apik, patung-patung artistik, dan air mancur siap membuat kagum siapa pun yang datang ke sana.

Kebun ini juga menawarkan beberapa cafe dan gazebo lengkap dengan pertunjukkan musiknya. Banyak penduduk Paris yang menjadikan kebun ini sebagai tempat 'melarikan diri' dari kesibukan kota mode ini.


Lumphini Park, Bangkok.



(Dok MNN)

Bangkok adalah kota yang menyajikan kemacetan lalu lintas, namun juga memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti candi, museum, tempat perbelanjaan tradisional, dan banyak wisata budaya yang bisa dinikmati di sana. Tak hanya itu, kota ini rupanya memiliki taman kota yang tak boleh dilewatkan.

Taman seluas 145 hektar ini memberikan penyegaran bagi penduduk kota yang telah disibukkan dengan rutinitas. Pengunjung bisa menikmati sore dengan bersantai di hamparan rumput di pinggir danau. Udara di lokasi ini pun bebas polusi, sebab pengunjungnya dilarang keras merokok.




Sumber :
http://news.detik.com/read/2012/10/17/130651/2064967/10/0/8-taman-kota-paling-wow-di-dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar