Terima kasih Atas kunjungannya

Jumat, 05 Oktober 2012

10 Tokoh tuna netra yang mengubah dunia.



Mata bukan satu-satunya alat untuk melihat dunia.
Tanpa penglihatan yang sempurna, sebagian orang tetap mampu mengubah sejarah.
Mereka menjadi maestro dalam beragam bidang, seperti musik, politik, ilmu pengetahuan, seni, dan bahkan olahraga.
Inilah sepuluh tunanetra yang berhasil mengubah dunia!


Helen Keller (27 Juni 1880 - 1 Juni 1968).

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Helen Keller adalah seorang penulis berkebangsaan Amerika. Ia juga aktif sebagai aktivis dan dosen di sebuah perguruan tinggi. Helen adalah orang buta dan tuli pertama yang berhasil lulus dari perguruan tinggi. Kemudian ia pun tampil sebagai seorang penasihat senior bagi para penyandang cacat. The Story of My Life adalah salah satu buku karangan Helen, yang menceritakan tentang kisah hidupnya.


Stevie Wonder (Lahir 13 Mei 1950).

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Stevie Wonder adalah nama panggung untuk Stevland Hardaway Morris, yang dikenal sebagai penyanyi tunanetra asal Amerika. Selain menyanyi, Stevie juga menulis lagu dan multi-instrumentalis. Ia bahkan telah meneken kontrak dengan label Motown pada usia sebelas tahun. Sampai hari ini, ia masih merekam musiknya untuk Motown.

"Superstition", "Sir Duke", "I Wish" dan "I Just Called to Say I Love You" menjadi karya terbaik dari Stevie Wonder. Saking berbakatnya, ia berhasil membawa 22 Grammy Awards sekaligus.


Ray Charles (23 September 1930 - 10 Juni 2004).

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Ray Charles adalah seorang pianis dan musisi dari Amerika. Pria, yang memiliki nama lengkap Ray Charles Robinson ini, dianggap sebagai pelopor musik soul. Ia juga membantu dalam persilangan antara musik country dan pop pada tahun 1960-an. Ray menjadi salah satu musisi Afro-Amerika yang diberikan kontrol artistik oleh sebuah perusahaan rekaman. Ia juga menempati posisi ke-10 dalam daftar 100 Greatest Artists of All Time versi majalah Rolling Stone.


Claude Monet (14 November 1840 - 5 Desember 1926).

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Claude Monet adalah pelopor dari lukisan impresionis Perancis. Pada tahun 1907, ketika ia sedang naik daun, ia mulai mengalami masalah serius dengan penglihatannya hingga akhirnya buta. Meskipun kondisi matanya terus memburuk, ia tidak pernah berhenti melukis.

Pada akhir hidupnya, ketika ia hampir sepenuhnya buta, ia melukis salah satu mural paling terkenal, yang menunjukkan keindahan bunga lili air. Bakat seninya diturunkan langsung oleh sang ibu, yang kebetulan berprofesi sebagai penyanyi.


Andrea Bocelli (lahir 22 September 1958).

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Kebutaan yang dialami oleh Andrea Bocelli, terjadi karena insiden kecelakaan saat bermain sepak bola. Kejadian itu terjadi ketika ia masih berusia 12 tahun. Kini, ia dikenal sebagai seorang penyanyi tenor dan multi-instrumentalis dari Italia. Albumnya bahkan terjual lebih dari 80 juta kopi di seluruh dunia. Dengan demikian, ia telah menjadi artis solo paling laris dalam sejarah musik klasik.


Franklin Delano Roosevelt (30 Januari 1882 - 12 April 1945).

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Franklin Delano Roosevelt adalah presiden Amerika Serikat ke-32. Roosevelt memiliki cacat tubuh, terutama gangguan penglihatan. Kini, ia dikenang sebagai salah satu presiden paling populer dalam sejarah. Ia bekerja sama dengan Winston Churchill dan Joseph Stalin saat memimpin sekutu untuk melawan Jerman dan Jepang dalam Perang Dunia II. Sayangnya, ia pun meninggal ketika kemenangan itu telah tampak di depan mata.


Thomas Gore (10 Desember 1870 - 16 Maret 1949).

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Thomas Gore adalah seorang politikus demokra. Ia menjabat sebagai senator Amerika dari Oklahoma, sejak tahun 1907 sampai 1921 dan dari 1931 sampai 1937. Ia mendapatkan kebutaan setelah mengalami dua kecelakaan yang terpisah. Beberapa rekan Gore di senat bahkan berusaha untuk mengambil keuntungan dari kebutaannya. Mereka meminta Gore menandatangani beberapa dokumen untuk menipunya.


Harriet Tubman (1820 sampai 10 Maret 1913)

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Harriet Tubman adalah seorang budak semasa mudanya dan mencoba melarikan diri ke Kanada. Tetapi, ia memutuskan kembali ke Amerika untuk membantu pelarian ratusan budak kulit hitam lainnya ke sebuah tempat yang aman, yang disebut Underground Railroad. Ia bahkan mendapat luka kepala yang sangat keji, yang telah menyebabkan gangguan penglihatan parah dan kejang. Namun, hal ini tidak dapat menghentikan niatnya untuk berjuang demi kebebasan rakyatnya.


Louis Braille - (4 Januari 1809 - 6 Januari 1852).

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Braille dilahirkan di Coupvray, Perancis, sebuah kota kecil yang terletak di sebelah tenggara kota Paris. Ia dan tiga saudara tuanya, Monique Catherine Josephine Braille, Louis-Simon Braille, dan Marie Braille Celine, tinggal bersama dengan ibu dan ayah mereka, Monique dan Simon-Ren©.

Braille adalah penemu dan desainer dari tulisan Braille, yang memungkinkan orang buta untuk membaca. Pada usia tiga tahun, ia mengalami sebuah kecelakaan yang akhirnya membutakan kedua matanya.


Marla Runyan (Lahir tanggal 4 Januari 1969).

10 Tokoh tunanetra yang mengubah dunia
Marla Runyan adalah seorang pelari maraton yang buta. Ia berhasil menjadi juara olimpiade sebanyak tiga kali dalam lomba lari 5.000 meter. Marla merupakan atlet buta pertama yang ikut berlaga di olimpiade.

Hambatan fisik bukan alasan untuk menyerah kepada nasib. Mereka berhasil membuktikan bahwa segalanya mungkin, jika kita mau berjuang. Jika mereka saja bisa, kenapa kita tidak.




Sumber :
http://www.merdeka.com/gaya/10-tokoh-tunanetra-yang-mengubah-dunia.html


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar