Terima kasih Atas kunjungannya

Sabtu, 05 Mei 2012

Gereja tertua di dunia.

Gereja merupakan tempat suci dan berlangsungnya peribadahan umat kristiani. Kata “gereja” atau “jemaat” dalam bahasa Yunani adalah ekklesia; dari kata kaleo, artinya “aku memanggil/memerintahkan”. Secara umum ekklesia diartikan sebagai perkumpulan orang-orang. Tetapi dalam konteks Perjanjian Baru kata ini mengandung arti khusus, yaitu pertemuan orang-orang Kristen sebagai jemaat untuk menyembah kepada Kristus (sarapanpagi.org).



Gereja Dura-Europos



Gereja Dura-Europos (Sumber: Thewondrous)

Gereja Dura-Europos merupakan bangunan pertama yang diidentifikasikan sebagai gereja. Terletak di Europos, Syiria dan berdiri sejak 235 Masehi. Situs Dura-Europos, merupakan kota biasa dan dikelilingi oleh benteng sebagai alat pertahanan, digali besar-besaran pada tahun 1920an dan 1930an oleh tim peneliti dari Prancis dan Amerika. Di dalam situs purbakala, gereja tersebut terdapat 17 menara yang berfungsi sebagai alat perlindungan dan pertahanan.




Gereja Megiddo



Gereja Megiddo (Sumber: Thewondrous)

Gereja Megiddo terletak di Melgiddo, Israel ini merupakan salah satu bangunan tertua yang pernah ditemukan oleh para ahli purbakala, terhitung dari abad ketiga masa masehi. Pada tahun 2005 arkeolog Israel, Yotam tepper dari Universitas Tel Aviv, menemukan sisa-sisa bangunan sebuah gereja, yang dipercaya telah ada sejak abad ketiga masehi, waktu yang sama ketika Yesus dianiaya oleh kekaisaran Romawi. Reruntuhan ini ditemukan di lokasi penjara Meggido, beberapa ratus meter bagian selatan Kota Tel Aviv. Di antara penemuan ini terdapat mosaik sebesar 54 meter persegi dengan gaya Yunani, yang menyatakan bahwa gereja tersebut difokuskan kepada “the God Jesus Christ.” Mosaik tersebut dirawat dengan baik dan memperlihatkan sebuah sosok manusia dan pencitraan ikan, yang sebuah simbol awal mengenai kristen.



Biara Santo Anthony



Biara Santo Anthony (Sumber: Thewondrous)

Biara Santo Anthony merupakan sebuah biara Koptik Ortodoks yang berdiri di sebuah oase di sebelah timur padang pasir Mesir. Tersembunyi di dasar pegunungan Laut Merah, tepatnya 334 km ke sebelah tenggara Kota Kairo. Gereja ini didirikan oleh para pengikut Santo Anthony, yang dianggap sebagai biarawan asketis pertama. Biara Santo Anthony merupakan salah satu dari sekian banyak biara terkemuka di Mesir dan sangat memengaruhi beberapa institusi koptik, dan memperkenalkan monastisisme secara luas. Monastisisme adalah sebuah praktik keagamaan di mana seseorang menyangkali tujuan-tujuan duniawi dengan maksud agar dapat membaktikan hidupnya semata-mata bagi karya rohani (wikipedia).



Basilika Saint-Pierre-aux-Nonnains



Basilika Saint-Pierre-aux-Nonnains (Sumber: Thewondrous)

Basilika Santo Pierre-aux-Nonnains merupakan sebuah bangunan bersejarah di Kota Metz, Prancis, dibangun pada tahun 380 Masehi, merupakan gereja tertua di Eropa. Bangunan ini dibangun sebagai bagian dari komplek spa Kekaisaran Roma, namun struktur bagunan tersebut kemudian berubah menjadi sebuah gereja di abad ke 7, sebuah kapel biara benedectine. Pada tahun 1000an bangunan ini mengalami renovasi terutama bagian interiornya. Pada abad ke 16 bangunan tersebut menjadi sebuah gudang, hingga tahun 1970an ketika bangunan tersebut dibuka dan dijadikan sebuah tempat pertunjukan dan pameran.



Gereja Our Lady Mary of Zion



Gereja Our Lady Mary of Zion (Sumber: Thewondrous)

Gereja Our Lady Mary Sion Gereja Ortodoks Ethiopia merupakan gereja yang paling terkemuka di Ethiopia. Gereja ini diyakini telah dibangun selama pemerintahan Ezana, kaisar Kristen pertama dari Ethiopia, pada abad ke-4, dan mengalami beberapa kali renovasi sejak itu. Gereja ini berada di kota Axum, Provinsi Tigray. Kerusakan pertama yang terjadi diduga di tangan Ratu Gudit selama abad ke-10. Kedua, kerusakan terjadi pada abad ke-16 di tangan Ahmad ibn al-Ghazi Ibrihim, setelah itu dibangun kembali oleh Kaisar Gelawdewos, dan diperbesar lanjut oleh Fasilides selama abad ke-17 (Wikipedia). (**)



Cathedral of Trier




Cathedral of Trier merupakan sebuah gereja di Trier, Rheinland-Palatinate, Jerman. Ini adalah katedral tertua di negara ini. Bangunan ini terkenal karena sejarah yang panjang dan telah melalui sberbagai zaman yang berbeda sehingga mempengaruhi desainnya. Struktur gereja yang besar membuatnya merupakan Gereja terbesar di Trier dan Sejak tahun 1986 telah masuk dalam daftar UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.



Church of Saint Simeon Stylites




Church of Saint Simeon Stylites adalah gereja yang telah ada sejak abad ke-5. Terletak sekitar 30 km barat laut dari Aleppo, Suriah, Gereja ini dibangun di lokasi pilar St Simeon Stylites , seorang biarawan terkenal. Gereja ini dikenal juga sebagai “Qalat Seman Benteng Simeon’.



Hagia Sophia




Hagia Sophia pada dasarnya merupakan Gereja Ortodoks. Kemudian menjadi masjid, dan sekarang menjadi museum di Istanbul, Turki. Dari berdirinya gereja ini sampai 1453, Gereja ini digunakan sebagai katedral Konstantinopel, kecuali diantara antara 1204 samapi 1261, ketika diubah menjadi katedral Katolik Roma. Bangunan itu mennjadi masjid pada tanggal 29 Mei 1453 sampai tahun 1934. Saat ini Hagia Sophia dibuka sebagai museum muali tanggal 1 Februari 1935.



Saint Catherine’s Monastery, Mount Sinai




Saint Catherine’s Monastery terletak di Semenanjung Sinai, di ngarai di kaki Gunung Sinai kota Saint Katherine, Mesir. Ini adalah biara Ortodoks dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Menurut laporan UNESCO, biara ini adalah salah satu biara Kristen tertua di dunia bersama-sama dengan Monastery of Saint Anthony.



Church of the Nativity




Ini merupakan Gereja yang mungkin paling berkesan bagi umat Kristiani. Struktur Gereja ini dibangun di atas gua sebagai tradisi mengenai tempat kelahiran TUHAN YESUS dari Nazaret, dan dengan demikian dianggap sakral oleh orang Kristen. Situs ini juga dihormati oleh para pemeluk agama Islam.





Sumber :
http://www.uniknya.com/2011/07/5-gereja-tertua-di-dunia/
http://wong168.wordpress.com/2011/12/31/gereja-tertua-di-dunia/
http://dasawarta.blogspot.com/2011/05/10-gereja-tertua-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar