Terima kasih Atas kunjungannya

Senin, 06 Februari 2012

Wisata Gereja di Indonesia.

Gereja Santa Maria Lourdes Promasan




Kabupaten Kulon Progo - D.I. Yogyakarta - Indonesia

Gereja Santa Maria Lourdes Promasan sebenarnya menjadi rute pertama sebelum melakukan prosesi ziarah jalan salib, namun kebanyakan orang setelah sampai di lokasi langsung menuju Gua Maria Sendangsono.

Meskipun Gereja ini merupakan Gereja di pedesaan namun, bangunannya sangat megah untuk ukuran desa. Ruangannya yang lumayan besar pun dilengkapi bangku dari kayu dengan desain bangunan yang sangat antik dilengkapi menara tinggi yang menawan.

Gereja Santa Maria Lourdes Promasan terletak di Kawasan Ziarah Gua Maria Sendangsono di Dusun Semagung, Desa Banjaroya, Kec. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, DIY .



Gereja Puh Sarang


Foto 1 dari  1Gereja Puh Sarang

Kabupaten Kediri - Jawa Timur - Indonesia

Secara sepintas bangunan gereja terlihat seperti sebuah kapal yang menempel di gunung. Hal itu melambangkan kisah yang terdapat di Alkitab tentang bahtera Nabi Nuh yang mendarat di Gunung Ararat. Perahu tersebut menyelamatkan Nuh dan keluarganya yang percaya kepada Tuhan dari air bah yang melanda bumi.

Bangunan yang serupa dengan gunung tersebut merupakan bangunan induk yang merupakan tempat sakral di mana terdapat altar, sakramen mahakudus, bejana baptis, sakristi, dan ruang pengakuan dosa. Hal ini senada dengan budaya Jawa yang melambangkan gunung atau gunungan sebagai tempat suci di mana manusia bisa bertemu dengan penciptanya. Dulunya bangunan ini dikhususkan untuk mereka yang telah dibaptis dan menjadi anggota umat. Namun, saat ini siapapun boleh masuk ke dalam bagian ini asal tidak mengganggu jalannya ibadah.

Gereja Puh Sarang terletak di Desa Puh Sarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Indonesia.



Gereja Blenduk (GPIB Imanuel)


Foto 1 dari  1Gereja Blenduk Semarang

Kota Semarang - Jawa Tengah - Indonesia

Satu hal yang membuat Gereja Blenduk menjadi istimewa dibandingkan gereja-gereja tua lain adalah bangunannya yang memiliki ciri arsitektur Eropa klasik bergaya pseudo barouque, gaya bangunan yang lazim ditemui pada abad ke 17 dan ke 18. Saat malam hari, kubah yang ada di atas gereja akan bersinar diterpa sorot lampu dari keempat penjuru yang ada di bawahnya. Sehingga kubah dan dua menara lonceng yang tinggi menjadi pusat perhatian wisatawan ketika melihat gereja ini dari kejauhan. Salah satu lonceng yang ada di menara berusia lebih tua dari bangunan gereja. Lonceng tersebut dibuat oleh JW Steegler pada tahun 1703 di Semarang.

Bagi Anda yang penasaran dengan keindahan Gereja Blenduk, Anda dapat berkunjung dan melihatnya secara langsung di Jl. Letjend Suprapto 32, Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.



Gereja Ganjuran


Foto 1 dari  1Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran

Kabupaten Bantul - D.I. Yogyakarta - Indonesia

Kompleks gereja ini bisa disebut sebagai wilayah akulturatif di mana terdapat begitu banyak simbol perpaduan beberapa budaya dan agama. Hal ini menjadikan kompleks Gereja Ganjuran memiliki nilai lebih untuk dikunjungi. Saat berada di kompleks gereja, Anda akan menemukan perpaduan antara arsitektur bergaya Eropa, Hindu, Budha, dan Jawa.

Arsitektur khas Belanda klasik terlihat dari bentuk luar bangunan, jika dilihat dari atas, bangunan ini terlihat seperti bentuk salib. Namun saat Anda masuk ke dalamnya, Anda akan menemukan nuansa Jawa yang sangat kental di setiap sudutnya. Pada altar utama, selain terdapat mimbar dan meja untuk pastur, terdapat sebuah tabernakel dengan relief Yesus tersalib. Di kanan kirinya bersimpuh dua orang malaikat, namun yang membedakan dengan gambar biasanya adalah malaikat tersebut menggunakan mahkota para pembesar kerajaan Jawa. Di sebelah kiri, sebuah payung kebesaran kerajaan berdiri dengan dilengkapi sebuah lentera berdesain gaya keraton Jawa.

Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran terletak di Dusun Kaligondang, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.



Gereja Portugis/Gereja Sion


Foto 3 dari  3Bagian dalam Gereja Sion
Bagian dalam Gereja Sion
Kota Jakarta Barat - DKI Jakarta - Indonesia


Gereja Sion memiliki keunikan khas, jika dilihat dari corak dan bentuk arsitektur, serta perabot-perabot yang dipunyainya. Kekhasan arsitektur tampil menonjol di tiap detil bangunan. Dapat dilihat, bangunan gereja membentuk satu ruang panjang dengan tiga bagian langit-langit kayu yang sama tingginya dan melengkung seperti bentuk tong. Sejak tahun 2006, gereja yang termasuk jenis gereja bangsal (hall church) ini juga dipercantik dengan lantai gereja yang tersusun oleh ubin granit berwarna abu-abu, pintu masuk berlapis kaca, dan ruang tambahan berukuran 6x18 meter di sekitar gereja.

Gereja Sion terletak di sudut Jalan Pangeran Jayakarta dan Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta Barat, Propinsi DKI Jakarta, Indonesia.



Gereja St. Antonius Kotabaru.


Foto 5 dari  8Gereja St. Antonius Kotabaru

Kota Yogyakarta - D.I. Yogyakarta - Indonesia

Hal lain yang membuat gereja ini istimewa ialah tersedianya perpustakaan umum Kolese Santo Ignatius (Kolsani) Perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan terlengkap dan ternyaman di Yogyakarta lantaran komplitnya koleksi buku, terutama pada buku-buku bertema sastra, kebudayaan, ekonomi, hukum, politik, dan ilmu agama.

Ketersediaan koleksi buku yang lengkap ini memberikan kemudahan untuk mendapatkan buku acuan bagi mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta. Tidak hanya koleksi yang memadai perpustakaan ini juga didukung dengan pelayanan yang memuaskan.

Gereja St. Antonius ini terletak di Jalan I Dewa Nyoman Oka 18, Kotabaru, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.






Sumber :
http://yoksetyo.blogspot.com/2011/04/gereja-katolik-di-kabupaten-kulonprogo.html
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/1090-Gereja-Santa-Maria-Lourdes-Promasan/navcat
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/973-Gereja-Puh-Sarang/navcat
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/961-Gereja-Blenduk-GPIB-Imanuel/navcat
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/927-Gereja-Ganjuran/navcat
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/743-Gereja-PortugisGereja-Sion/navcat
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/658-Gereja-St.-Antonius-Kotabaru-/navcat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar