Terima kasih Atas kunjungannya

Jumat, 03 Februari 2012

Rahasia tubuh manusia.

Banyak orang yang tidak mengetahui begitu banyak rahasia dalam tubuh manusia. Fakta dan kenyataan ini mungkin saja tidak pernah terpikirkan sebelumnya, tapi siapapun anda terkejut bila mengetahuinya informasi dan fakta ini.





Sebenarnya Tubuh manusia mulai dari kepala, leher, batang badan, 2 lengan dan 2 kaki adalah merupakan susunan keseluruhan struktur fisik sempurna dari organisme manusia.

Ukuran tubuh manusia memang dipengaruhi oleh gen, dan pada saat tumbuh dewasa tubuh maka struktur tubuh akan terdiri dari 100 miliar sel yang dirancang untuk menunjang fungsi dari masing-masing organ seperti kardiovaskular, pencernaan, kekebalan tubuh, pernapasan, ekskresi, perkemihan, muskuloskeletal, saraf, endokrin dan reproduksi.
  • Pada tubuh Manusia melepaskan sekitar 600.000 partikel (sel) kulit setiap jamnya. Maka jika dihitung dalam setahun ada sekitar 1,5 pon (0,75 kg) sehingga rata-rata orang dan akan kehilangan sekitar 105 pon (47,25 kg) sel kulit pada saat berusia 70 tahun.




  • Fakta Tentang Jumlah tulang. Pada Orang dewasa memiliki tulang yang lebih sedikit dibandingkan semasa masih bayi. Saat seseorang baru memulai kehidupannya, maka terdapat 305 tulang. Tapi seiring dengan terjadinya pertumbuhan tubuhnya, maka disaat dewasa orang dewasa hanya memiliki 206 tulang saja.

  • Fakta Mengenai Sidik (garis-garis) di lidah. Jika anda ingin menyembunyikan identitas anda, maka yang bisa anda lakukan sebaiknya jangan menjulurkan lidah. Kenapa? Karena lidah serupa dengan sidik jari, itulah kenapa setiap orang memiliki sidik lidah unik yang berbeda-beda.

  • Fakta Lapisan kulit perut baru. Tanpa anda sadari pada setiap manusia memiliki lapisan kulit perut baru setiap 3-4 hari. Ini dikarenakan asam yang kuat pada lambung yang tidak hanya berguna untuk mencerna makanan, tapi juga untuk mengikis lapisan perut.

  • Fakta Kecepatan bersin. Udara yang dikeluarkan dari orang yang bersin bisa memiliki kecepatan hingga 100 mil/jam (160,9 km/jam) atau lebih. Karena itu tidak ada salahnya untuk menutup hidung saat bersin atau ada orang di dekat Anda yang bersin.

  • Fakta Panjangnya pembuluh darah. Darah memiliki jalur kerja yang panjang, karena ada sekitar 60.000 mil (96.540 km) pembuluh darah dalam tubuh manusia. Dan jantung bekerja keras untuk memompa sekitar 2.000 galon darah setiap harinya ke semua pembuluh darah. Sel darah merah dalam tubuh yang masa hidupnya,sekitar 4bulan,telah menempuh perjalanan setara 1.600km

  • Fakta Jumlah air liur. Mungkin tidak pernah terbayangkan untuk berenang di dalam air liur sendiri. Tapi hal ini mungkin saja, karena dalam seumur hidupnya seseorang menghasilkan air liur rata-rata 25.000 liter.

  • Fakta Kekuatan mendengkur. Seseorang pasti akan terganggu jika tidur di sebelah orang yang mendengkur. Hal ini bisa dimaklumi, karena suara dengkuran bisa mencapai 60 desibel yang setara dengan suara normal orang berbicara. Bahkan ada yang mencapai 80 desibel yaitu setara dengan suara mesin bor.




  • Fakta Warna dan jumlah rambut. Warna rambut akan membantu menentukan seberapa banyak jumlah helai rambut. Warna rambut pirang memiliki 146.000 folikel (kantong kelenjar pada rambut), rambut hitam memiliki 110.000 folikel sedangkan rambut coklat memiliki 100.000 folikel. Setiap folikel menghasilkan 20 helai rambut. Seseorang kehilangan 45 helai rambutnya setiap hari, tetapi karna rata-rata dikulit kepala terdapat 125.000 helai rambut, maka kehilangan tadi tak ada artinya, sepanjang hidupnya, seseorang akan kehilangan sekitar 1,5 juta helai rambut, walau kemudian tumbuh kembali.

  • Fakta tentang Berat kepala. Tidak heran jika seorang bayi sulit sekali mengangkat kepalanya, karena berat kepala saat baru lahir adalah seperempat dari total berat badan. Sedangkan saat dewasa, berat kepalanya hanya seperdelapan dari berat badan seseorang.



  • Otak manusia terdiri dari 10 milyar sel syarafnya,tersimpan lebih rapat, dibanding jaringan apapun di dalam tubuh, otak punya kemampuan merekam 86 juta bit informasi,setara dengan kira-kira 11 juta huruf, setiap harinya, jadi memori yang dipakai sepanjang hidup seseorang diperkirakan telah menampung 100 tryliun bit informasi, setara dengan kira-kira 12,5 tryliun huruf.

  • Bila metabolisme otak bisa diubah menjadi energi, maka energi itu bisa untuk menghidupkan bola lampu 20 watt.

  • Tenggorokan adalah salah satu jalan yang paling sibuk dalam tubuh, melalui mulut lalu turun ke tengorokan, seseorang telah menghabiskan 40 ton makanan selama hidupnya serta sekaligus telah menghirup 500.000 meter kubik udara.

  • Rangkaian saraf otak,yang telah berhasil dipetakan ahli saraf, baru sebagiannya, dan ini 1.400 kali lebih kompleks, dibanding jaringan telepon diseluruh dunia.

  • Setelah terjadi 1 menit kegelapan, sensivitas mata terhadap cahaya, meningkat 10 kali lipat, setelah 20menit,ia meningkat menjadi 6.00kali,dan mata mencapai batas sensivitas terhadap cahaya 25.000 kali, saat kegelapan sudah mencapai 40menit.

  • Saat ini juga,diotak anda, setiap detiknya, berlangsung sekitar 100.000 reaksi kimia yang berlainan.

  • Seumpama semua orang didunia, saat ini(6 milyar) berbicara serentak, maka energi akustik total akan menyamai energi yang di hasilkan oleh satu pembangkit listrik tenaga besar.

  • Setiap inci persegi dalam tubuh tiap manusia, rata-rata dihuni 32 juta bakteri, hingga seluruh total tubuh ada kira-kira 100 milyar bakteri atau setara dengan 18 kali total manusia di seluruh dunia.

  • Diperlukan seperlima ratus detik, bagi otak untuk mengenali suatu benda, setelah molekul/ cahaya dari benda itu memasuki mata untuk pertama kalinya.

  • Jantung tiap manusia setiap harinya, menghabiskan energi, yang besarnya setara untuk mengangkat benda seberat, hampir 1 ton, ke ketinggian 13 meter, pada umur 50 tahun jantung seseorang telah melakukan kerja kerasnya setara dengan mengangkat benda seberat 18.000 ton, ke ketinggian 230km.

  • Mata manusia ternyata sangat peka, karena pada suatu kondisi ideal, mata bisa mendeteksi dari sebuah puncak gunung dimalam hari, nyala dari sebatang korek api, pada jarak 80 km.

  • Pada saat anda berbaring, tubuh menuntut menghirup udara/ oksigen sekitar 8 quart/ 8 liter ,tiap menit nya, dan saat anda duduk diperlukan 16 quart/ 16 liter udara/ oksigen tiap menitnya, dan bila anda memutuskan untuk berdiri dan berjalan dibutuhkan 24 quart/ 24 liter tiap menitnya, dan bila anda lalu berlari tubuh memerlukan asupan udara/ oksigen 50 quart/ 50 liter ditiap menitnya!.

  • Dalam 1 inchi persegi permukaan kulit sama dengan 2 kali luas kuku ibu jari, terdapat 645 kelenjar keringat, 25 meter saraf dan lebih dari 1000 ujung saraf, ada 65 kantong rambut, dan 75 kelenjar penghasil minyak. Serta 6 meter pembuluh darah.

  • Seseorang akan meninggal/ tewas akibat tanpa tidur lebih cepat dibandingkan kelaparan atau kehausan, kematian akan terjadi setelah 10 hari seseorang benar-benar tanpa tidur. sedangkan kematian akan terjadi setelah 20 hari seseorang benar-benar tanpa makan/ minum.

  • Kecepatan impuls saraf dari saraf satu kesaraf lainnya berkecepatan 400 km/ per jam.

  • Selama 10 menit dua orang dewasa melakukan kegiatan sexsual, setiap pasangan telah membangkitkan energi kira-kira 300 watt, energi sebesar itu cukup untuk menghidupkan, peralatan rumah tangga,termasuk lampu, kulkas, radio, televisi, AC, selama 10 menit juga .

  • Seorang pria dan wanita yang mengalami orgasme kala melakukan hubungan seksual , tingkat energi yang mereka berdua keluarkan itu setara dengan menaiki 100 anak tangga ke atas.

  • Dari 250.000 sel spermatozoid matang seorang pria yang keluar saat ejakulasi, hanya satu sel tercepat lah diantara sel lainnya yang akan bisa membuahi dan memasuki 1 sel telur yang dirasa paling nyaman dan menarik dibanding 100 sel telur matang lainnya dari seorang wanita. lalu ketika ke 2 sel bertemu cikal bakal kehidupan bermula. sel telur secara alamiah langsung memberi makan sel spermatozoid, hingga masa melahirkan tiba.




  • Hidung Anda tidak sensitif seperti anjing, tetapi itu dapat mengingat 50.000 aroma yang berbeda.

  • Panjang usus kecil sekitar empat kali lebih panjang sebagaimana rata-rata tinggi orang dewasa. Jika tidak melingkar bolak-balik pada dirinya sendiri, panjangnya yang mencapai 18 sampai 23 kaki dan tidak akan muat di dalam rongga perut, membuatnya agak berantakan.

  • Sumber bau kaki, seperti bau ketiak, adalah keringat. Dan orang-orang banyak mengeluarkan keringat dari kaki mereka. Sepasang kaki memiliki 500.000 kelenjar keringat dan dapat menghasilkan lebih dari setengah liter keringat per hari

  • Jika Anda memotong kuku jari tangan Anda lebih sering daripada kuku kaki Anda, itu wajar. Rata-rata, kuku tumbuh sekitar sepersepuluh dari satu inci setiap bulannya.




  • Kelebihan makan, alkohol, rasa senang, atau stres, dapat menstimulasi saraf phrenic, yang mengontrol diafragma (lapisan otot yang mengontrol pernafasan). Diafragma ini lalu berkontraksi. Pada waktu yang sama, glotis (bagian dari pangkal tenggorokan dimana terdapat pita suara) menutup sehingga menutupi jalannya udara. Saat itulah terjadi cegukan setiap beberapa detik. Cegukan yang normal terjadi beberapa menit saja, namun dalam kasus lain juga lebih lama. Cara mengatasinya antara lain dengan menahan napas sambil menelan ludah, atau bernafas di dalam kantong kertas.

  • Seperti juga warna mata dan rambut, warna alami dari gigi diwariskan dari orangtua. Beberapa orang memiliki enamel -lapisan tipis pada permukaan gigi- yang sangat putih, sementara enamel orang lain memiliki warna yang lebih kuning
    Mengonsumsi obat-obatan antibiotik seperti tetracycline atau amoxicillin sewaktu kecil juga mempengaruhi proses pengapuran yang menyebabkan perusakan warna. Beberapa jenis makanan tertentu juga menggelapkan gigi. Kopi, teh, cola, dan red wine adalah beberapa di antaranya. Jika hal ini yang terjadi, Anda harus menggunakan produk pemutih gigi atau menjalani perawatan tertentu.

  • Sebuah studi yang dipublikasikan dalam edisi terakhir jurnal Cognitive Brain Research menyatakan bahwa jika Anda menguap karena ketularan orang yang ada di dekat Anda sebenarnya merupakan bentuk empati Anda padanya. Hal ini sama dengan jika Anda tertawa, dan teman Anda ikut tertawa. Menguap tidak hanya dipicu karena melihat seseorang menguap, tetapi juga karena mendengar, membaca, atau bahkan hanya karena berpikir tentang menguap, ketularan menguap merupakan cara primitif dalam mengekspresikan perasaan orang lain terhadap diri kita.

  • Pusing terjadi ketika saraf pada langit-langit mulut distimulasi secara besar-besaran oleh makanan atau minuman dingin. Saraf-sarafnya memang ada pada mulut, namun pusat saraf ada di otak, sehingga di situlah Anda merasa ngilu. Makan atau menyesap minuman dengan lambat dapat mengurangi efek dingin. Begitu mulai pusing, cara tercepat untuk menghilangkannya adalah minum sesuatu yang hangat.

  • wortel dan semua makanan yang mengandung vitamin A memang baik untuk mata. Misalnya sayuran berwarna merah, kuning, oranye, dan hijau, termasuk ketela, mangga, dan pepaya, serta telur dan liver. Tubuh menggunakan vitamin A untuk mendukung sel saraf di dalam retina yang membantu memelihara penglihatan yang normal. Orang yang kekurangan vitamin A umumnya mengalami problem penglihatan, seperti rabun senja.

  • Membersihkan telinga dilakukan untuk mencegah benda asing masuk ke dalam saluran telinga. Kotoran telinga diproduksi oleh kelenjar-kelenjar di telinga bagian luar untuk melindungi telinga bagian dalam dari infeksi. Substansi yang lengket ini justru mencegah debu, kotoran, atau serangga masuk ke dalam telinga. Telinga dapat membersihkan diri sendiri. Kotoran itu akan bergerak perlahan ke atas dan keluar dari telinga, mengering, lalu rontok, atau tercuci ketika Anda keramas. Jika Anda mandi, bersihkan saja bagian luar telinga. Saluran telinga itu seperti jalan buntu, membersihkan kotoran dengan cotton bud hanya membuat kotoran lebih masuk ke dalam. Anda juga bisa menggores saluran telinga, atau membocorkan gendang telinga.

  • Merinding terjadi saat kita kedinginan, atau ketakutan. Ketika kita kedinginan, otot-otot di sekitar pori-pori berkontraksi, menyebabkan bulu tangan berdiri untuk menciptakan lapisan pengasingan, semua mamalia juga mengalami hal ini.

  • Remaja senang bangun siang bukan disebabkan mereka malas. Saat masih kecil, melatonin -hormon yang mengatur siklus tidur-bangun- dikeluarkan kelenjar pada sore hari. Memasuki masa puber (dari usia 10-14 tahun), hormon melatonin dilepaskan lebih lambat, sekitar pukul 21.00-22.00. Shift ini sering membuat remaja tidak mampu tertidur sebelum pukul 23.00, karena remaja masih butuh tidur sembilan jam atau lebih, mereka berusaha 'membayar' waktu tidur yang terbuang malam sebelumnya dengan tidur sampai siang.

  • Tangan dan kaki kita sering dingin, karena saraf-saraf yang mengontrol aliran darah ke tangan dan kaki lebih sensitif pada wanita daripada pria, Jadi begitu suhu turun, pembuluh darah mengkerut, membuat aliran darah lebih pelan. Wanita juga memiliki tekanan darah lebih rendah daripada pria. Ketika Anda kedinginan atau stres, dan tekanan darah menurun, darah diarahkan ke jantung, menjauh dari tangan dan kaki.

  • Ketika Anda meregangkan sendi dengan, misalnya, menekan-nekan ruas jari atau memutar tulang belakang Anda sehingga terdengar suara gemeretak, Anda dapat menyebabkan gelembung udara yang terbentuk antara kantong di dalam sendi meletus. Kantong-kantong ini membantu bantalan udara di antara tulang dan menjaganya tetap licin. Retaknya sendi sebenarnya tidak terlalu membahayakan. Menggeretakkan jari, engkel, lutut, atau sendi-sendi lain tidak menyebabkan arthritis, namun juga bukan kebiasaan yang baik. Rasa enak yang didapatkan orang saat menggeretakkan badan sangat psikologis sifatnya,





Sumber :
macgyver
http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?t=262906
http://sehat8bahagia.wordpress.com/kenali-rahasia-tubuh-anda/
http://adf.ly/13aVq
Liputan6 Kesehatan
http://www.lintas.me/go/marcolausantosa.blogspot.com/11-rahasia-tubuh-manusia/1/
http://future2sharing.blogspot.com/
http://mylaboratorium.blogspot.com/2011/12/10-rahasia-di-balik-tubuh-manusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar