Terima kasih Atas kunjungannya

Selasa, 17 Januari 2012

Telur/ semua hal tentang telur.

Semua unggas berkembang biak dengan cara bertelur. Ukuran telur tiap jenis unggas berbeda-beda. Semakin besar ukuran unggas, maka semakin besar pula ukuran telurnya. Komponen gizi yang terkandung pada masing-masing telur adalah sama, jumlahnya saja yang berbeda. Berikut beberapa jenis telur unggas yang ada dan tidak ada di pasaran Indonesia.



Telur ayam negeri




Jenis telur ayam negeri biasa dikonsumsi oleh masyarakat, meskipun banyak jenis telur lain seperti telur bebek, telur angsa, atau telur burung puyuh yang juga dapat dikonsumsi. Suplai telur tidak ada jeda, rata-rata sekitar 1.000 triliun (1012) telur dikonsumsi setiap tahunnya. Setiap orang di planet ini mengonsumsi 200 butir telur tiap tahun. Telur ayam negeri memiliki berat sekitar 40-50 g dengan warna cangkang cokelat gelap hingga terang.

Penyajian: aplikasi penggunaan telur ayam negeri sangat banyak. Dapat digoreng atau direbus dengan berbagai model penyajian, dan dapat digunakan sebagai ingridien untuk baking.



Telur ayam kampung




Telur ayam kampung memiliki ukuran yang lebih kecil dan warna yang lebih putih dari telur ayam negeri, harganya-pun lebih mahal. Telur ayam kampung masih banyak diminati selain telur ayam negeri dan dicitrakan sebagai telur yang lebih sehat, enak, dan segar. Citra sehat melekat mungkin karena ayam kampung lebih banyak memperoleh pangan alami. Secara penampakan, kuning telur ayam kampung terlihat lebih kuning (kuning keemasan/oranye) bila dibandingkan dengan telur ayam negeri, hal ini sering dikait-kaitkan dengan kualitas kandungan gizi, khasiat, serta rasa yang lebih baik dari telur ayam kampung. Per 100 g telur ayam kampung mengandung 174 kalori, 10,8 g protein, 4,9 mg zat besi dan 61,5 g retinol.

Penyajian: sama dengan telur ayam negeri, telur ayam kampung dapat disajikan dengan berbagai metode seperti digoreng, atau direbus. Di Indonesia telur ayam kampung biasanya juga dikocok bersama jamu untuk minuman kesehatan.







Telur puyuh




Telur burung puyuh termasuk yang unik bentuknya. Kecil, dengan permukaan berbintik, serta berlimpah vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh. Berat telur puyuh kira-kira 10 g nilai biologinya 3-4 kali lebih tinggi dari telur ayam. Mengandung 13% protein, 140 µg vitamin B1, serta vitamin A dan B2 yang jumlahnya 2 kali lebih banyak dari telur ayam. Kandungan Iron dan Potasiumnya juga 5 kali lebih banyak dari telur ayam.

Penyajian : direbus, digoreng, dan dipanggang. Cocok digunakan sebagai garnish.



Telur bebek




Memiliki ukuran yang lebih besar dari telur ayam dan lebih kecil dari telur angsa. Telur bebek gurih, menyehatkan dan serba guna. Cangkangnya yang lebih tebal dibanding telur ayam, membuat daya simpan telur bebek sedikit lebih lama dari telur ayam yakni sekitar 6 minggu (suhu refrigerator). Persentase kuningnya lebih banyak dari putihnya. Apapun dapat dilakukan dengan telur bebek, sama seperti jika menggunakan telur ayam. Telur bebek lebih kental daripada telur ayam, jika dimasak dan matang, tekstur telur bebek agak kenyal. Telur bebek juga dapat digunakan sebagai ingridien dalam proses baking. Kandungan proteinnya yang tinggi, membuat cake yang menggunakan telur bebek mengembang sempurna. Kandungan lemaknya yang agak tinggi juga berkontribusi pada rasa dan warna pada produk. Cost production juga dapat ditekan jika menggunakan telur bebek, karena dua telur ayam dapat diganti dengan 1 telur bebek. Telur bebek mengandung 130 Kalori, cukup tinggi bila dibandingkan dengan kalori sebuah telur ayam yang berukuran besar yakni 80 kalori. Satu telur bebek mengandung 205% kebutuhan gizi harian untuk kolesterol, dan 18% kebutuhan gizi harian protein. Setiap 100 g telur bebek mengandung vitamin B6, B12, dan A yang jumlahnya sama seperti telur ayam.

Penyajian: digoreng, direbus, dan diawetkan dengan metode pengasinan.



Telur angsa




Telur angsa ukurannya lebih besar dari telur bebek, berwarna putih bersih dengan flavor yang lebih kaya dari telur ayam. Telur angsa rebus memiliki
20 g protein, besi dan vitamin A. Kandungan kolesterol telur angsa sekitar 1227 mg, memenuhi 409% kebutuhan gizi harian untuk kolesterol. Di Indonesia sendiri, telur angsa lebih banyak dimanfaatkan cangkangnya untuk dibuat kerajinan.

Penyajian: direbus, dibuat omelet, cocok untuk membuat puding, sebagai lauk atau garnish pada nasi goreng.



Telur burung unta




Telurnya diklaim sebagai telur terbesar di dunia unggas. Beratnya mencapai 1,4 kg dengan panjang 15 cm dan lebar 13 cm, 20-24 kali berat telur ayam. Dapat dengan mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Cangkangnya sangat tebal, diperlukan bantuan palu untuk memecahnya. Berdasarkan pengalaman orang yang telah memasak menggunakan telur burung unta ini, konsistensi kuning dan putihnya agak encer, sehingga mudah untuk dikocok dan dicampur dengan bahan apapun. Cocok dihidangkan untuk menu scramble egg porsi 10 orang. Di Inggris permintaan akan telur burung unta terus melonjak. Salah satu supermarket di UK mengaku, permintaan naik hingga 573% dari tahun 2008. Di Indonesia sendiri, belum ada peternakan burung unta, jadi telur-nya tidak terlalu dikenal di Indonesia. Seorang penikmat telur burung unta berkata “tekstur telur dan flavornya lebih ringan dari telur ayam, ada sedikit rasa manis, dan sangat cocok untuk dimasak culinary minded dapat dijadikan ratusan meringues atau 20-30 soufle!” ujarnya.

Penyajian: digoreng, direbus, dan dipanggang.



Telur burung gull




Gull atau seagull termasuk kedalam jenis burung, bersifat karnivora, dan banyak ditemukan di pantai pasifik, atlantik, dan danau-danau. Spesies paling eksis adalah great black head gull yang sekarang banyak diternakan di Eropa untuk diambil telurnya. Telur burung gull sangat jarang ditemukan, salah satu restoran di Inggris menyatakan bahwa hanya ada sekitar 40.000 telur burung gull setiap tahun yang dapat dijual, karena telur hanya dapat diperoleh diawal April hingga pertengahan Mei. “Telur burung gull sangat jarang dan hanya ada dimusim-musin tertentu. Telur memiliki rasa yang memikat, membuat sensasi rasa yang luar biasa pada omelet dan harganya sangat mahal,” cerita Ranald Macdonald dari Inggris, pemilik salah satu restoran yang menyajikan omelet dari telur burung gull.

Penyajian: digoreng, dibuat omelet yang dicampur dengan berbagai sayuran dan daging atau seafood, direbus, direbus dengan menggunakan air garam kemudian sajikan dengan olesan mustard atau mayonaise.



Telur burung emu




Burung asli Australia, dengan karakteristik penampilan sama seperti burung unta. Keberadaannya mulai menghilang karena burung Emu banyak diburu dan dijadikan sumber pangan suku Aborigin Autralia, tetapi sekarang mulai kembali dibudidayakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Telur burung Emu berwarna hijau gelap, cangkangnya tebal tetapi mudah dikupas. Panjangnya mencapai 134 mm dengan berat antara 700-900 gram, ekuivalent dengan 10-12 telur ayam. Warna kuning telurnya lebih pucat dan lebar, mengambil 45% dari volume telur dan flavornya kuat.

Penyajian: digoreng, direbus, dan dipanggang.



Jumlah kalori telur tergantung pada ukuran telur dan bagaimana memasaknya.



Namun harap diingat bahwa telur adalah cara yang sangat ekonomis untuk memenuhi kebutuhan gizi esensial tubuh. Jadi tidakperlu khawatir terlalu banyak tentang Kalori telur asalkan dimakan di moderasi.

Anda akan menemukan kuning yang memiliki kalori sekitar 3,5 kali lebih banyak dari putih telur, penggorengan dan tambahkan 20 kalori berebut ekstra untuk telur karena kandungan minyak atau susu, dibandingkan dengan merebus atau perburuan. Kalori dalam telur ukuran standar:



Telur rebus <.h2> 75 kkal - 75 kkal rebus
Putih telur rebus : Putih telur tidak memiliki kolesterol, dan dapat cukup bermanfaat dalam penurunan berat badan, seperti yang rendah gula dan kalori dan tinggi protein berkualitas baik sampai dengan 40 asam amino yang berbeda , protein dikenal untuk membantu Anda tetap kenyang lebih lama.
Kuning telur rebus : Kuning telur, di sisi lain, tinggi di lemak jenuh dan bahkan lebih tinggi dalam konten kolesterol. Jadi tidak dianjurkan makan kuning telur jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan.
Namun, kuning telur memiliki banyak manfaat kesehatan lebih dari putih telur.
Kuning telur penuh dengan nutrisi vitamin dan asam lemak esensial: protein, Kalsium, zat besi, fosfor, seng, riboflavin, selenium, folat, karotenoid, Vitamin B12, D, E dan K.

Telur Nutrisi Fakta: Pilihan populer untuk konsumsi telur ayam, bebek, telur, dan kaviar. Telur paling sering dikonsumsi secara manusiawi sejauh ini adalah menghasilkan ayam.

Telur ayam menyediakan semua asam amino esensial bagi manusia, dan memberikan beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, riboflavin Vitamin B2, Asam folat vitamin B9, vitamin B6, vitamin B12, Kolin , zat besi, kalsium, fosfor dan kalium. Mereka juga merupakan sumber makanan tunggal protein. Vitamin D secara alami ditemukan dalam makanan hanya sedikit, dan kuning adalah salah satunya.

Mereka mengandung protein kualitas terbaik dengan komposisi sempurna dan itu termasuk semua asam amino esensial.

Lutein, zeaxanthin dan membantu karotenoid dalam mencegah penyakit mata dan degenerasi makula.

Dengan mencegah kain darah, mereka dapat membantu mengurangi risiko komplikasi jantung atau stroke, tetapi harus dimakan di moderasi.

Telur, rata-rata, termasuk lemak 10% dan hanya 3% adalah dalam bentuk lemak jenuh, Selenium dan vitamin E dalam telur dapat membantu melindungi sel dari oksidasi dan kanker.

Seng dalam telur, terutama dalam membantu kuning telur mempertahankan sistem kekebalan yang lebih kuat.

Kolin membantu mengatur sistem kardiovaskular, sistem saraf dan otak. Satu kuning telur mengandung sekitar 300 mikrogram kolin.

Kolin defisiensi juga dapat menyebabkan kekurangan asam folat.

Mineral, vitamin dan kandungan sulfur sangat tinggi dalam telur mempromosikan kuku sehat dan rambut.

Kalsium sangat penting dalam memperkuat tulang dan gigi dan vitamin D membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

Ini memiliki nilai glikemik indeks nol dan tidak berpengaruh pada kadar glukosa darah




Sumber :
http://kulinologi.biz/index1.php?view&id=905
http://wong168.wordpress.com/2011/12/21/jenis-telur/
http://www.glycemic-index.org/egg-calories.html
http://id.hicow.com/telur-kuning/telur-putih/vitamin-1440628.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar