Terima kasih Atas kunjungannya

Jumat, 27 Januari 2012

Manfaat lain dari bumbu dapur.

manfaat bumbu dapur

Selain berfungsi untuk menambah sedapnya aroma dan lezatnya masakan yang mampu merangsang nafsu makan kita, bumbu dapur ternyata juga dapat digunakan untuk obat tradisional. Misalnya sebagai sarana pertolongan pertama sebelum di bawa ke rumah sakit maupun puskesmas terdekat.



Asam jawa atau nama latinnya (Tamarindus indicaber)


Buah asam jawa di pohonnya

khasiatnya untuk obat penurun panas, pertolongan pertama pada luka, sariawan dan obat cacingan.



Bawang putih atau nama latinnya (Allium sativum)


Bawang putih

Meskipun bukan tanaman asli Indonesia, bawang putih di budidayakan di Indonesia. Bawang putih biasa digunakan untuk penyedap rasa, Adapun umbinya adalah berkhasiat sebagai obat peluruh dahak, pembersih darah,penawar racun dan penurun tekanan darah tinggi, obat kompres dan untuk mengobati penyakit cacing pita.



Tanaman jahe (Zingiber officinale)


Zingiber officinale - K√∂hler–s Medizinal-Pflanzen-146.jpg

Salah satu rempah-rempah tertua dan paling penting adalah jahe. Jahe telah di budidayakan di daerah asia tropis selama lebih dari 3000 tahun. Jahe mempunyai nama latin zingiber officinale. Aroma dan rasa jahe sangat khas yaitu panas dan agak pahit. Jahe sangat efektif untuk mengobati rasa mual akibat perjalanan,mengandung antioksidan,berkhasiat sebagai obat sakit perut dan penawar racun serta untuk bumbu masak.



Kencur (Caempreria galangal)


Kencur (Kaempferia galanga L.) .

Kencur yang nama latinnya Curcum zedoaria merupakan tanaman asli Indonesia dan India. Pada abad ke 6,kencur dibawa ke benua eropa oleh para pedagang arab.Kencur berkhasiat untuk obat pilek, antiseptik, juga untuk menyembuhkan luka serta gangguan pada perut untuk obat batuk menghilangan gatal-gatal,dari tenggorokan, obat kembung, obat kompes dan obat masuk angin. Kencur juga merupakan bahan baku pembuatan parfum di negara kita



Tamanan kunyit (Curcuma domestika)




Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu da
berkhasiat untuk menjaga kesehatan seperti melancarkan air susu ibu hamil, obat borok, obat anti serangga , obat demam dan kembung.



Bawang merah


Bawang merah di pasar

Bawang merah juga bisa dijadikan obat. Umbi bawang merah berkhasiat untuk memacu enzim pencernaan, obat luka, peluruh air seni obat haid dan sakit gula atau diabetes. Diduga bawang merah berasal dari palestina, India dan daerah pegunungan Iran. Saat ini hampir seluruh dunia mengenal bawang merah,adapun nama latin untuk bawang merah adalah Alliumcepa L.



Cabe merah


Cabai merah

Buah ini tidak bisa dijadikan obat,akan tetapi banyak mengandung vitamin C yang baik untuk pencernaan.Di Indonesia ada 2 jenis cabe,yaitu cabe merah dan cabe rawit.Nama latin dari cabe merah adalah Capsium Annuum L.



Pandan


Pandanus utilis dengan buahnya.

Pandan mempunyai nama latin Pandanus Odoratissimus.Tanaman ini hidup di rawa tropis di asia timur,daunnya mengkilap seperti pedang.Pandan banyak di gunakan sebagai perasa makanan. Pandan tidak bisa di jadikan obat,akan tetapi dimasa lalu pandan di jadikan atap dan pakaian wanita.



Serai wangi


serai-wangi

Tanaman ini tumbuh liar di Indonesia,daun dan tangkainya ternyata mengandung minyak astiri yang didalam perdagangan internasional di sebut jara citronela oil. Serai wangi berkhasiat untuk menghilangkan gas dalam perut dan obat penawar racun.Nama latin dari serai wangi adalah Cymboogon nardus.


Nah itulah khasiat dari bumbu dapur selain menyedapkan makanan bumbu tersebut perperan untuk menyehatkan tubuh kita, semoga bisa bermanfaat.




Sumber :
http://mysoul-jiwaku.blogspot.com/2011/09/manfaat-lain-dari-bumbu-dapur.html
http://gamatgold.obat-alami.com/artikel-kesehatan/manfaat-lain-dari-bumbu-dapur.html
gambar-gambar wikipedia
http://serisubuh.com/v1/serai-wangi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar