Terima kasih Atas kunjungannya

Minggu, 20 November 2011

Wisata Air Terjun di Indonesia.

Air Terjun Bantimurung


Foto 1 dari  6Air Terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung berada di wilayah Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain memiliki air terjun yang mempesona, kawasan wisata Air Terjun Bantimurung juga menjadi habitat berbagai spesies kupu-kupu yang langka, sehingga penjajah Belanda pernah menjuluki tempat ini sebagai Kingdom of Butterfly.
Bahkan, seorang naturalis asal Inggris, Alfred Rassel Wallase, pernah tinggal di kawasan ini selama kurang lebih satu tahun (1856-1857) untuk meneliti 150 spesies kupu-kupu yang tergolong langka itu. Hingga saat ini, para pengunjung masih dapat menyaksikan indahnya warna-warni kupu-kupu dengan berbagai spesies yang berterbangan ke sana ke mari di antara bunga-bunga dan semak-belukar yang memenuhi gunung batu Bantimurung.



Air Terjun Tinoor


Foto 1 dari  1Air Terjun Tinoor

Air terjun Tinoor berada di kaki Gunung Empung, sebelah utara kota Tomohon. Tepatnya ialah di Desa Tinoor, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Di tempat ini, pengunjung tak hanya bisa menikmati kepermaian jutaan butir air yang jatuh dari atas tebing dan sejuknya udara saja, seperti yang tampak pada gambar di atas. Namun, pengunjung juga dapat bercengkerama bersama keluarga di kebun yang berada tak jauh dari lokasi. Kebun tersebut tampak cantik karena banyaknya tetumbuhan yang memekarkan bunga-bunga cantik, seperti anggrek, bougenville, dan bunga-bunga taman lainnya. Air terjun Tinoor bisa pula dijadikan sarana untuk melepas kepenatan bekerja atau rutinitas sehari-hari bersama keluarga atau orang-orang terdekat.
Begitu juga dengan anda yang gemar akan wisata kuliner. Tak jauh dari lokasi air terjun, yakni desa Tinoor merupakan desa yang terkenal dengan warung-warung makanan khas Minahasa. Dan, melewati desa Tinoor kita akan menjumpai perkebunan cengkeh yang terkenal di Tomohon
Selain itu, apabila anda seorang yang menggandrungi seni fotografi ataupun seni lukis, rasanya lokasi ini dapat dijadikan rujukan untuk mengembangkan ide maupun inspirasi karya seni anda.



Air Terjun Sendang Gile


Foto 1 dari  1Air Terjun Sendang Gile

Wisata alam ini berada di daerah utara Kabupaten Lombok Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di desa Senaru, kecamatan Bayan. Desa ini berjarak kurang lebih 60 km dari ibu kota Mataram. Lokasi wisata ini masih berada dalam kawasan Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi ke-3 di Indonesia.

Terletak di ketinggian 600m di atas permukaan laut, air terjun ini menawarkan suasana relaks dan damai. Bagi wisatawan yang jenuh dengan hangar-bingar kota, ada baiknya untuk singgah di lokasi wisata ini. Sentuhan alamnya yang tergolong jauh dari nuansa perkotaan, panorama asri dan menawan, serta udaranya yang segar, mampu membawa anda ke dunia yang dapat menghilangkan kepenatan di kepala.
Selain itu, ada hal menarik lainnya yang membuat lokasi ini berbeda. Para penduduk setempat mempercayai bahwa air pada lokasi ini memiliki unsur magis yang bisa membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya.



Air Terjun Telun Berasap


Foto 1 dari  1Air Terjun Telun Berasap di Desa Telun Berasap,  Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci

Air terjun ini terletak di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia

Air terjun Telun Barasap menyuguhkan pemandangan yang indah, dengan debit air yang deras sehingga membentuk percikan air yang lembut mirip seperti asap putih atau dikenal juga dengan kabut air. Butiran-butiran uap air yang terbentuk dari kabut air tersebut berwarna indah tatkala disinari cahaya mentari dengan memantulkan kemilau cahaya yang berwarna-warni.



Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban


Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Air terjun ini terletak di Kota Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Air Terjun ini mempunyai keunikan tersendiri karena merupakan air terjun yang bertingkat tujuh. Perjalanan yang ditempuh menuju lokasi memberi kesan tersendiri bagi para pengunjung.
Di sebelah kanan dan kiri terdapat pemandangan alam yang sangat indah, bukit-bukit terjal dan hutan lindung yang masih asli. Selain itu, di sepanjang jalan, pengunjung dapat menyaksikan kera, burung dan binatang hutan lainnya, yang seolah-olah menyambut kedatangan para pengunjung.



Air Terjun Tembulun Rusa


Foto 1 dari  1Air Terjun Tembulun Rusa di Desa Ampar, Kec. Kemuning, Kab.  Indragiri Hilir

Objek wisata Air Terjun Tembulun Rusa terletak di Desa Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Indonesia.

Ketinggian Air Terjun Tembulun Rusa yang mencapai 18 meter menjadi panorama alam yang menyejukkan mata pengunjung. Kedalaman air 1,5 meter memungkinkan pengunjung untuk berenang atau menyelam sambil menikmati sensasi diterpa air dari ketinggian. Bebatuan yang menyerupai tangga di sekitar lokasi memudahkan pengunjung mendekati bagian atas air terjun. Bagi yang punya nyali dapat melompat dari ketinggian ke dalam kolam yang berair jernih dan bersih. Aliran Sungai Ngibul yang berasal dari Air Terjun Tembulun Rusa yang mengalir cukup deras, menantang para pencinta alam untuk melakukan olah raga arung jeram ke arah hilir sampai ke Muara Sungai Reteh.



Air Terjun Guruh Gemurai


Foto 1 dari  1Air Terjun Guruh Gemurai Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan  Singingi

Air Terjun Guruh Gemurai terletak di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Indonesia.

Nama Guruh Gemurai berasal dari bahasa daerah setempat. Guruh berarti gemuruh dari suara air terjun. Sedangkan Gemurai adalah suara percikan air yang berserakan. Jadi, Air Terjun Guruh Gemurai adalah air terjun yang curahan airnya bergemuruh. Kawasan ini merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Kuantan Singingi yang ramai dikunjungi pada hari-hari libur.



Air Terjun Lembah Anai


Foto 1 dari  2Air Terjun Lembah Anai di Kota Padang

Air Terjun Lembah Anai terletak di Lembah Anai, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Indonesia.

Sumber Air Terjun Lembah Anai berasal dari Gunung Singgalang. Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati cagar alam Lembah Anai sebelum sampai di tepi tebing yang curam. Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan membentuk kawah tempat air berkumpul. Airnya yang turun dengan cepat saling susul-menyusul dan memercikkan kabut air. Kabut tersebut membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari.
Sebelum sampai di lokasi, baik bagi para wisatawan yang datang dari Kota Padang maupun Kota Bukittinggi akan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kanan dan kiri jalan, para pelancong dapat menyaksikan lembah dan bukit yang menghijau ditumbuhi aneka pohon. Di sepanjang jalan menjelang Air Terjun Lembah Anai, para wisatawan juga dapat menyaksikan monyet-monyet yang berkeliaran seakan-akan dengan senang hati menyambut kehadiran para pelancong yang datang dari jauh. Hal tersebut juga tidak jauh berbeda dengan suasana yang ada di sekitar objek wisata, di mana gerombolan monyet juga banyak berkeliaran.



Air Terjun Sedudo


Foto 1 dari  1Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Mengunjungi lokasi wisata ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pancuran air raksasa yang meluncur dari ketinggian bukit. Selain menikmati wisata alam, wisatawan juga dapat menikmati wisata budaya. Pada hari-hari biasa tingkat kunjungan wisatawan tidak terlalu ramai, berbeda dengan tingkat kunjungan wisatawan pada bulan Suro (bulan pertama pada Kalender Jawa). Masyarakat di sekitar air terjun memiliki kepercayaan bahwa Air Terjun Sedudo mempunyai kekuatan supranatural. Menurut mitos yang berkembang, pada bulan ini Air Terjun Sedudo dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.
Setiap tanggal 1 Suro, Air Terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara Parna Prahista, yaitu ritual memandikan arca, yang kemudian sisa airnya dipercikan kepada anggota keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang, pihak pemerintah Kabupaten Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tahun baru Jawa tersebut.
Oleh karena lokasi air terjun berada di lereng Gunung Wilis, maka wisatawan bisa sekalian menikmati panorama Gunung Wilis atau bahkan melakukan pendakian.



Air Terjun Grojogan Sewu


Foto 1 dari  1Air Terjun Grojogan Sewu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di kaki Gunung Sewu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Ketika pertama kali masuk ke lokasi obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu ini, pengunjung akan dikejutkan dengan kera-kera yang memang sengaja dilepas. Tidak perlu khawatir atau takut terhadap kera-kera itu. Yang penting, makanan bawaan perlu dijaga jika tidak ingin disentuh oleh kera-kera itu. Atau bisa juga memberikan makanan seperti kacang agar tingkah kera-kera itu tidak membuat pengunjung ketakutan.
Untuk sampai ke dasar lokasi obyek wisata air terjun, pengunjung perlu berjalan kaki melalui ratusan anak tangga yang ada dan tersusun rapi. Di beberapa sudut belokan tangga, tersedia gazebo (tempat peristirahatan) bagi pengunjung yang merasa kecapekan. Sesampainya di dasar lokasi, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang begitu indah, khususnya Air Terjun Grojogan Sewu. Pengujung bisa melihat air terjun ini dari kejauhan atau juga dari jarak yang lebih dekat. Untuk mendekati air terjun ini, pengunjung perlu berhati-hati karena perlu melawati bebatuan yang cukup tajam dan besar. Disarankan agar pengunjung tidak mandi tepat di bawah air terjun karena curahan air terjun sangat keras sehingga beresiko bagi kesehatan tubuh, seperti masuk angin atau badan sakit-sakitan. Jika ingin mandi dengan kondisi yang aman, cukup dilakukan di sekitar air terjun saja.
Di samping obyek air terjun, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Pengunjung bisa berenang di dua buah kolam renang yang letaknya tidak jauh dari air terjun. Kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa dipisah. Atau pengunjung bisa berjalan-jalan menyusuri kawasan obyek wisata sambil melihat-lihat pemandangan perbukitan yang indah dan menawan.



Air Terjun Lematang


Foto 1 dari  1Air Terjun Lematang di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam

Lokasi Air Terjun Lematang Indah terletak di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Palembang.

Air Terjun Lematang Indah merupakan salah satu lokasi pariwisata yang sangat mudah dijangkau karena berada di tepi jalan pinggiran Kota Pagar Alam, tepatnya berada di antara Kota Lahat dan Kota Pagar Alam. Keindahan panorama di kawasan ini sangat menawan dengan jalanan berliku-liku dengan tikungan yang tajam.
Banyak pengunjung yang melewati jalan ini akan menyempatkan diri berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan air terjun Lematang Indah tanpa harus berjalan ke bawah.



Taman Wisata Wera


Foto 1 dari  1Taman Wisata Wera terletak di Kecamatan Dolo, Kabupaten Donggala

Secara administratif, Taman Wisata Wera terletak di Kecamatan Dolo, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Para wisatawan tidak hanya dapat menikmati sejuknya udara dan menyaksikan keindahan air yang jatuh dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 100 meter. Tetapi, para wisatawan juga dapat melakukan berbagai kegiatan wisata yang menyenangkan, seperti: mandi atau berenang di Sungai Wera yang airnya sejuk; mendaki gunung ke arah puncak bukit di sekitar air terjun sambil menikmati pemandangan yang indah; berkemah di daerah datar di bagian Utara dan di puncak bukit dekat Dusun Ngatapapu; dan photo hunting keindahan alam di sekitar air terjun dan kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang berbeda, tidak jauh dari taman wisata ini (sekitar 2 km) terdapat wisata alam Pemandian Air Panas Mantikole. Para wisatawan dapat menjadikan Pemandian Air Panas Mantikole ini satu paket wisata dengan Taman Wisata Wera, sehingga perjalanan wisata para wisatawan lebih bervariasi dan menyenangkan.



Air Terjun Saluopa


Foto 1 dari  1Air Terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso

Air Terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Air yang meluncur dari atas gunung sangat jernih, sehingga bebatuan yang ada di dalam air dapat terlihat dengan jelas. Uniknya, batu-batu tersebut berlumut dan tidak licin, sehingga pengunjung dapat dengan mudah naik ke tingkat paling atas melalui batu-batu tersebut. Selain itu, para pengunjung juga dapat bermain-main air di atas bebatuan tersebut sambil berfoto-foto dengan latar belakang air terjun. Di antara percikan air terjun terkadang muncul warna pelangi yang sangat indah dan mempesona.



Air Terjun Moramo


Foto 1 dari  1Air Terjun Moramo di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa

Air Terjun Moramo terletak di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa atau tepatnya di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan,

Air Terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat (cascade) yang indah dengan ketinggian sekitar 100 meter Dari ketinggian tersebut, air mengalir melewati tujuh tingkatan utama. Di samping 7 tingkatan utama tersebut, terdapat juga 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air (semacam kolam air).Dari sekian banyak kolam tersebut, hanya satu yang dapat dimanfaatkan untuk berenang, yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua dari 7 tingkatan utama air terjun tersebut.

Daya pikat yang tidak kalah menariknya dari air terjun ini adalah pesona bebatuan yang membentuk tingkatan. Bebatuan yang membentuk tingkatan tersebut tidak licin meski dialiri air secara terus menerus, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut dapat mendaki sampai ke puncak.



Air Terjun Curug Gendang.


Foto 1 dari  1Air Terjun Curug Gendang

Air Terjun Curug Gendang terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia.

Obyek wisata Curug Gendang merupakan perpaduan dari hutan yang lebat, jalan setapak yang berliku-liku, panorama alam yang indah, dan air terjun yang jernih. Kondisi alam yang sedemikian rupa ini memberi cukup ruang kepada pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan.
Sementara itu, jalan setapak yang berliku-liku dan terkadang naik-turun, serta tebing dan jurang di sisi kiri-kanannya, tentu menjadi lokasi yang diidam-idamkan oleh pecinta olahraga lintas alam. Ketika perjalanan sampai di punggung perbukitan, pengunjung dapat melihat hijaunya pepohonan di kaki bukit, atau menikmati eksotisme Selat Sunda dan Gunung Anak Krakatau dari kejauhan.



Air Terjun Curug Cimahi


Foto 1 dari  1Air Terjun Curug Cimahi

Obyek wisata Air Terjun Curug Cimahi terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Dalam jarak belasan meter, pengunjung sudah dapat merasakan kesejukan air terjun dan melihat jernihnya aliran air terjun. Dengan kondisi air yang seperti itu, wisatawan dapat mandi, beredam, atau bermain-main pada air terjun tersebut sambil melihat cipratan air yang mirip dengan butiran mutiara. Pada waktu tertentu, wisatawan juga dapat melihat pelangi yang tampak indah di lokasi ini.



Air Terjun Temurun


Foto 1 dari  1Air Terjun Temurun memiliki Tujuh tingkat

Air Terjun Temurun terletak di Kabupaten Anambas Kepulauan Riau



Air Terjun Cik Latif


Foto 1 dari  1Air Terjun Cik Latif di Singkep Barat

Air Terjun Cik Latif terletak di Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.



Air Terjun Sembilan Tingkat


Foto 1 dari  1Air Terjun Sembilan Tingkat

Objek wisata ini terletak di desa Padang Jaya, Kecamatan Padang Jaya Korotidur yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Indonesia.

Air Terjun Sembilan Tingkat terletak di kawasan hutan lindung yang alami. Sehingga, di kawasan ini masih ditemukan berbagai flora dan fauna yang khas. Pohon-pohon dan semak belukar akan menjadi karib yang menemani perjalanan Anda. Areal perbukitan dan hutan lindung dengan tumbuhan yang lebat adalah jalur utama yang harus Anda lalui untuk sampai air terjun. Hal ini menyebabkan trek atau lintasan menuju obyek wisata ini dapat dikategorikan berat atau ekstrim, khususnya bagi Anda yang tidak pernah menjelajah hutan belantara.



Air Terjun Coban Rondo


Foto 1 dari  1Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Saat Anda memasuki kawasan Wana Wisata Coban Rondo, Anda akan disambut oleh deretan pohon pinus dan cemara gunung yang berjajar rapi laksana pasukan penyambut tamu kehormatan. Riuh rendah kicauan burung dan kupu-kupu yang berterbangan semakin menambah ceria suasana. Mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan bunga warna-warni yang sedang mekar di kiri dan kanan jalan. Melintasi jalan beraspal di sela-sela rimbunnya pepohonan, sambil sesekali menoleh lembah dan ngarai di bawahnya merupakan hal yang sangat menarik. Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan pengunjung lain yang melepaskan lelah sembari menikmati bekal.



Air Terjun Sipiso-piso


Foto 1 dari  1Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun Sipiso-piso terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Indonesia. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo.

Dahsyat!!! Begitulah perasaan Anda ketika pertama kali menginjakkan kaki di Desa Tongging, desa di mana Air Terjun Sipiso-piso berada. Dengan mengunjungi Desa Tongging, Anda akan menikmati pemandangan yang indah seperti kawasan wisata di Desa Tao Silalahi yang berada di dekatnya. Sebelum menikmati air terjun dari dekat, Anda akan disuguhi pemandangan indah Tanah Karo dari gardu pandang yang ada di puncak bukit, titik pangkal aliran air terjun Sipiso-piso. Dari puncak bukit yang mengitari Air Terjun Sipiso-piso ini pula Anda dapat menyaksikan keindahan lansekap Danau Toba, sebuah danau vulkanik terbesar di dunia.



Air Terjun Curug Sewu


Foto 1 dari  1Air Terjun Curug Sewu

Obyek wisata air terjun Curug Sewu terletak di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Air terjun Curug Sewu mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dimiliki tempat-tempat wisata sejenis di daerah lain. Keunikannya adalah Curug Sewu memiliki tiga tingkatan atau lapisan air terjun. Tiga tingkatan air terjun tersebut masing-masing memiliki ukuran ketinggian 45 meter, 15 meter, dan 20 meter. Dengan demikian, total ketinggian air terjun Curug Sewu adalah 80 meter. Faktor tingginya air terjun inilah yang membuat Curug Sewu semakin terlihat indah, menawan, dan elok dalam pandangan mata.



Air Terjun Benang Kelambu


Foto 1 dari  1Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu terletak berdekatan dengan Air Terjun Benak Stokel, tepatnya di Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Kliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa tenggara Barat, Indonesia.

Dari tempat parkir kendaraan, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 km sebelum tiba di Air Terjun Benang Kelambu. Medan yang akan Anda lalui lumayan terjal dan menantang, melewati sungai kecil, jalan setapak, serta membelah hutan. Anda harus menyiapkan tenaga ekstra untuk mencapai air terjun ini. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan yang hijau, kicauan burung, dan suara hewan-hewan lain yang saling bersahutan. Namun, usaha dan semua keletihan Anda akan terbayar lunas saat sampai di Air Terjun Benang Kelambu.



Air Terjun Di Lembah Arau


Foto 1 dari  2Air Terjun Di Lembah Arau

Air Terjun di Lembah Arau terletak dikota Payakumbuh, Sumatera Barat.



Air Terjun Suhom


Foto 1 dari  1Air Terjun Suhom terletak di Desa Suhom dan Desa Kreung  Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar

Air terjun ini terletak di Desa Suhom dan Desa Kreung Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.

Posisi air terjun ini berada di tengah panorama alam yang indah dan alami. Di sekitarnya terdapat banyak pohon durian, sehingga pada musim durian banyak yang berjualan durian di sekitar air terjun. Di samping itu, di sekitar air terjun juga terdapat lokasi yang dapat digunakan untuk berkemah (camping).
Air terjun yang deras ini menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitar Desa Kreung Kala. Sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro kini telah dibangun di dekat air terjun dan dioperasikan untuk mengaliri listrik kepada 200 KK (Kepala Keluarga) penduduk Desa Kreung Kala.
Sepanjang perjalanan dari Banda Aceh menuju ke lokasi air terjun, terhampar pemandangan yang menakjubkan dengan keindahan yang luar biasa, deburan ombak dan pasir putih terlihat dekat di sepanjang jalan, dan tampak pula barisan pegunungan yang tinggi dan indah.





Sumber :
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/37-Air-Terjun-Bantimurung/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/105-Air-Terjun-Tinoor/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/112-Air-Terjun-Sendang-Gile/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/403-Air-Terjun-Telun-Berasap/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/173-Air-Terjun-Tujuh-Tingkat-Batang-Koban/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/221-Air-Terjun-Tembulun-Rusa/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/250-Air-Terjun-Guruh-Gemurai/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/509-Air-Terjun-Lembah-Anai/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/377-Air-Terjun-Sedudo/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/415-Air-Terjun-Grojogan-Sewu/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/457-Air-Terjun-Lematang/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/479-Taman-Wisata-Wera/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/486-Air-Terjun-Saluopa/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/590-Air-Terjun-Moramo/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/617-Air-Terjun-Curug-Gendang/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/758-Air-Terjun-Curug-Cimahi/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/836-Air-Terjun-Temurun/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/841-Air-Terjun-Cik-Latif/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/920-Air-Terjun-Sembilan-Tingkat/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/921-Air-Terjun-Coban-Rondo/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/925-Air-Terjun-Sipiso-piso/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/969-Air-Terjun-Curug-Sewu/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/1138-Air-Terjun-Benang-Kelambu/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/137-Air-Terjun-Di-Lembah-Arau/navgeo
http://www.wisatamelayu.com/id/tour/341-Air-Terjun-Suhom/navgeo

1 komentar: