Terima kasih Atas kunjungannya

Selasa, 02 Agustus 2011

Setiap orang adalah sumber pembelajaran.

Pernah suatu hari saya bertemu dengan seseorang yang tampangnya keliahatannya garang, tapi ternyata setelah kenal dan bercengkarama dengan dia, ternyata orang nya baik, lucu dan menyenangkan. Hal tersebut membuat saya belajar bahwa penampilan tidak selalu mencerminkan kepribadian seseorang.
Karenanya, saya tidak terlalu suka menilai orang hanya dari penampilan fisik semata.

Ada juga saya mengenal seorang kawan, berbeda suku dan berbeda agama, Setelah lama kami berinteraksi, ada sifatnya yang membuat saya merasa perlu belajar padanya. Sifatnya yang suka berempati dengan kesusahan orang lain, membuat saya belajar membiasakan diri untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh kawan saya tersebut.

Lain lagi cerita dari seseorang yang pernah saya kenal, seseorang yang kelihatannya begitu taat beribadah, penampilannya begitu religius, namun ketika sedang menghadapi suatu masalah, sifat yang tidak pernah kelihatan sebelumnya oleh saya terlihat jelas , yaitu penuh prasangka negatif, emosional, bahasa yang dikeluarkan sangat kasar dan tidak ada sopan santunnya sama sekali, seperti orang yang tidak beragama saja, atau bahkan seperti orang yang tidak berpendidikan saja layaknya.
Hal itu juga menjadi pembelajaran buat saya bahwa untuk menjadi seorang yang dianggap taat beribadah, tidak hanya sebatas penampilan, tetapi seluruh kepribadian juga harus dituntut sesuai dengan ajaran agama, termasuk dalam menyelesaikan suatu masalah.

Belajar tidak harus di sekolah kan?. Banyak tempat belajar dimana kita dapat mengambil pelajaran dari setiap kejadian. Belajar tidak harus selalu mempelajari mata pelajaran yang diajarkan melalui kurikulum di sekolah. Justru setiap orang yang kita temui dalam melaksanakan aktivitas kita sebagai makhluk sosialpun dapat dijadikan pembelajaran dalam kehidupan kita.
Bagaimana kita belajar dari seorang ibu yang dengan sabarnya menghadapi anaknya yang sedang rewel di jalan. Belajar dari seorang teman yang begitu baik terhadap teman-teman yang lain. dan masih banyak lagi orang-orang yang membuat saya mengambil pelajaran dalam setiap interaksi yang saya lakukan.

Oleh karena itu, keluarlah dari rumahmu. Bukalah pikiranmu. Temui banyak orang dan berinteraksilah dengan mereka. Niscaya kau akan mengambil banyak pelajaran dari mereka, karena setiap orang adalah sumber pembelajaran bagi kehidupan kita.




Sumber : http://afitarifitri.blogdetik.com/2011/01/25/setiap-orang-adalah-sumber-pembelajaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar