Terima kasih Atas kunjungannya

Selasa, 03 Mei 2011

10 Kota terhijau.

Memang, kota-kota berikut ini tidak semuanya ditutupi alam, tetapi mereka yang telah membuat upaya terbaik untuk menjadi kota “lingkungan.” Berikut ini sepuluh dari mereka:



Reykjavik, Islandia



Islandia adalah negara paling hijau di dunia sehingga tidak mengherankan jika ibukotanya pun menjadi yang terhijau di planet ini. Pemerintah Reykjavik telah menyatakan tekadnya untuk menjadikannya sebagai kota Eropa terbersih dan telah mengambil langkah yang sangat mengesankan untuk mencapainya. Saat ini, kota tersebut sepenuhnya menggunakan tenaga hijau, termasuk panas bumi dan hidro elektrik. Sementara sistem transportasi di kota tersebut seluruhnya menggunakan hidrogen. Sangat mengesankan!



Malmo, Swedia



Beberapa lingkungan di Malmo sudah ditransformasikan menjadi daerah ramah lingkungan dengan menggunakan innovative eco design. Alhasil, kota terbesar ketiga di Swedia ini menjadi model pengembangan perkotaan hijau. Tentu saja, untuk mewujudkannya, pemerintah memberikan dukungan penuh.



Kopenhagen, Denmark



Kopenhagen adalah kota di mana warganya sangat menyadari isu lingkungan dan mereka lebih suka untuk menggunakan sepeda daripada mobil. Belum lagi pertanian angin lepas pantainya yang terletak tepat di luar garis pantai dan sistem metro baru.



Vancouver, Kanada



Tidak seperti kota-kota lain di Amerika Utara, kota terbesar di British Columbia telah melakukan banyak upaya dalam rangka menuju “hijau.” Bahkan 90% energi yang digunakan di sana berasal dari sumber yang terbarukan, seperti angin, pasang surut, matahari dan energi gelombang. Kota ini juga memiliki lebih dari 200 taman.



Bahia de Caraquez, Ekuador



Bahia de Caraquez adalah surga bagi wisatawan eko. Kota ini pernah mengalami kerusakan parah akibat bencana alam di tahun ’90-an. Setelah itu pemerintah daerah dan LSM memutuskan untuk membuat kota yang berkelanjutan. Mereka mengembangkan sejumlah program untuk menjaga keanekaragaman hayati dan mengendalikan erosi. Juga memulai pengomposan sampah organik dan mendukung pertanian organik.



Sydney, Australia



Sydney merupakan kota pertama yang mengubah bohlam tua menjadi bola lampu baru yang eco friendly. Kota ini juga telah mengembangkan program pembuangan limbah makanan yang efisien.



Bogota, Kolombia



Kota yang dikenal secara luas karena kejahatannya ini, ternyata juga “menghijau” di bawah pemerintahan walikota Enrique Penalosa. Ia berhasil merekonstruksi semua trotoar untuk pejalan kaki, menciptakan sistem transit bus yang efisien dan merevitalisasi lebih dari 1200 ruang hijau. Ia juga mengaikkan pajak tha gas untuk mengurangi penggunaannya dan memulai hari bebas mobil tahunan.



Curitiba, Brasil



Jika 99% warga di Curitiba senang dengan kota mereka, itu pasti karena ada sesuatu yang istimewa. Alasannya adalah fakta yang menunjukkan lebih dari 70% orang di sana bergantung pada transportasi umum yang sangat efisien dan ada lebih dari 580 meter persegi ruang hijau per penduduk. Curitiba adalah model yang luar biasa bagi metropolitan yang lebih besar.



London, Inggris



Setelah Pemerintah London mengeluarkan Rencana Aksi Perubahan Iklim, kota itu menjadi salah satu yang terhijau di dunia. Mengurangi emisi CO2 sebesar 60% dan menghasilkan 25% energi lokal dalam 20 tahun mendatang dan memberikan insentif bagi warga negara yang melakukan upaya untuk meningkatkan efisiensi energi di rumah mereka adalah beberapa tindakan yang membuat kota itu menghijau.



Portland, Oregon, Amerika Serikat



Kota ini merupakan kota pertama di AS yang membuat rencana untuk mengurangi emisi CO2 dan menciptakan banyak inisiatif green building. Juga, pemerintah daerah berusaha keras untuk menjaga mobil dari jalan-jalan sebanyak mungkin dengan membangun jalur sepeda dan rel ringan.




Sumber :
http://green-buzz.net/environment/10-worlds-greenest-cities/
http://gombhalmukiyo.blogdetik.com/10-kota-terhijau/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar