Terima kasih Atas kunjungannya

Sabtu, 01 Januari 2011

Ternyata mouse dan keyboard jauh lebih jorok.

Perhatikan meja kerja dan area di sekitar lingkungan kantor Anda. Meskipun terlihat bersih, belum tentu kondisinya benar-benar bersih seperti yang Anda lihat.

Mouse, Keyboard dan gagang telpon yang biasa saja bakterinya banyak sekali apalagi yang model beginian

Mouse, Keyboard dan gagang telpon yang biasa saja bakterinya banyak sekali apalagi yang model beginian

Peneliti dari Arizona University, Amerika Serikat, Charles Gerba mengungkapkan, kalau perlengkapan kantor banyak yang tidak diperhatikan kebersihannya, bisa memicu masalah kesehatan yang serius.

Menurut penelitian yang dilakukan Gerba, telepon, keyboard dan mouse yang ada di kantor sangat jarang dibersihkan. Hasil penelitian menunjukkan perlengkapan kantor tersebut lebih kotor dibandingkan toilet umum. Sebagai contoh, mouse yang tidak pernah dibersihkan selama satu minggu terdapat 1.676 bakteri, sedangkan di bagian keyboard terdapat 3300 mikroba.

Lalu, dari semua perlengkapan kantor, yang paling kotor adalah pesawat telepon. Setiap hari telepon digunakan, bukan hanya untuk satu orang saja. Pesawat telepon juga jarang sekali dibersihkan dan hal itu membuat banyak tumpukan bakteri didalamnya. Berdasarkan penelitian, bakteri pada pesawat telepon mencapai 25.127.

Jika dibandingkan dengan toilet kantor, yang secara teratur dibersihkan, maka perlengkapan kantor tersebut sangat kotor. Sebagai perbandingan, berikut jumlah rata-rata bakteri yang terdapat di masing-masing perlengkapan kantor.

- Telepon : 25,127 bakteri
- Monitor komputer : 20,961
- Keyboard komputer : 3,295
- Mouse: 1,676
- Dudukan toilet: 49.

Gerba mengungkapkan bakteri-bakteri tersebut bisa masuk dalam sistem pernafasan dan memicu flu serta penyakit pernafasan lainnya seperti infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan radang paru.

Untuk menghindarinya, bersihkan meja kerja Anda secara teratur. Cukup bersihkan dengan lap yang sudah ditetesi alkohol. Maka, bakteri akan berkurang mencapai 99%. (Vivanews)



Sumber : http://ruanghati.com/2009/09/15/ihhh-serem-ternyata-mouse-dan-keyboard-kita-jauh-lebih-jorok-dari-kloset-toilet/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar